Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
10.29303/jcar.v4i4.2424Published:
2022-11-14Issue:
Vol. 4 No. 4 (2022): NovemberKeywords:
Pembelajaran daring, Pandemi Covid-19, SDN 1 Teros.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19 siswa kelas III di SDN 1 Teros 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai setting sosial dan klarifikasi suatu fenomena. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles & Huberman adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada kelas III belum berjalan efektif. Hal ini terlihat dari perangkat pembelajaran, pada perencanaan pembelajaran guru kurang maksimal dalam penyampaian materi kepada peserta didik, pada pelaksanaan pembelajaran hanya menggunakan aplikasi whatsapp dan peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran daring karena keterbatasan teknologi, dan pada evaluasi pembelajaran guru masih mengolah nilai dengan cara manual. Kendala yang dihadapi selama melaksanakan pembelajaran daring antara lain keterbatasan sarana dan prasarana, ketidaksiapan dalam menggunakan teknologi, keterbatasan dalam menggunakan aplikasi, dan peserta didik yang merasa bosan.
References
Ajat, Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology. Vol. 2 No. 1, hal. 84-111.
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 298-303.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish
Handayani, L., Karma, I. N., & Istiningsih, S. (2022). Identifikasi Kesulitan Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas V Sdn 33 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar , 27-34.
Kenedi, A. K., Ahmad, S., Sofiyan, T. A. N., &Helsa, Y. (2019). The Mathematical Connection Ability of Elementary School Students in the 4.0 Industrial Revolution Era. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 458-472.
Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Moelong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (EdisiRevisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an , 297-302.
Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud to Be Professionals: JurnalTarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.
Sugiyono. (2020). Metode Peelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, D., Istiningsih, S., & Nurwahidah. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Selama Masa Pandemi Covid-19. Renjana Pendidikan Dasar , 65-71.
License
Copyright (c) 2022 Eka Swari Pratiwi, I Nyoman Karma, Husniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).