Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Blogspot untuk Pembelajaran Mandiri Siswa pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP Negeri 1 Pringgasela

Authors

Intan Khosi’urrohmah , Nyoman Sridana , Nurul Hikmah , Sudi Prayitno

DOI:

10.29303/jcar.v4i4.2512

Published:

2022-11-28

Issue:

Vol. 4 No. 4 (2022): November

Keywords:

Media Pembelajaran E-learning, Blogspot, Belajar Mandiri, Koordinat Kartesius

Articles

Downloads

How to Cite

Khosi’urrohmah, I. ., Sridana, N. ., Hikmah, N. ., & Prayitno, S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Blogspot untuk Pembelajaran Mandiri Siswa pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP Negeri 1 Pringgasela . Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2512

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran e-learning berbasis blogspot untuk pembelajaran mandiri siswa pada materi koordinat kartesius kelas VIII di SMP Negeri 1 Pringgasela yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and development) dengan  menggunakan metode pengembangan model 4-D (define, design, development, dissemination). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran e-learning berbasis blogspot pada materi koordinat kartesius dalam bentuk web. Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan skor berturut-turut 4,64 dan 4,65 dengan keduanya mendapatkan kategori sangat baik. Kepraktisan media didapatkan dari angket respon guru dan respon siswa dengan masing-masing skor diperoleh skor 4,74 dan 4,61 dengan keduanya mendapatkan kategori sangat baik. Selanjutnya efektifitas media diperoleh berdasarkan hasil belajar siswa dengan melaksanakan posttest dan didapatkan persentase ketuntasan 73% dengan kriteria cukup efektif.

References

Alghifaari, M. A., Kurniati, N., & Wahidaturrahmi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Mandiri Berbasis Macromedia Flash Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 669–681. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.101

Amalia, F., & Brata, A. H. (2018). Analisis Tingkat Penerimaan Sistem E-Learning menggunakan Blog Gratis sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Guru. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 335–340. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853640

Enterprise, J. (2020). Belajar Membuat Blog Untuk Pemuda Desa. Jakarta: Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=TCTnDwAAQBAJ

Fatmawati, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(2), 163–169. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1814

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Horton, W. (2012). E-Learning by Design 2nd Edition. San Francisco: Pfeiffer.

Kartikawati, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Dasheet Guna Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dwija Utama, 9(35), 7–16.

Khotimah, H., Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123-130

Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 79–105. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.111

Kusumawati, E., & Dwi Rizki, N. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 260–270. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.621

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Mindaudah, & Sari, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Blanded Learning Untuk Materi Keterampilan Berbicara Siswa Ma Miftakul Naja ’ Mojowarno Jombang. Pedagogi, 3(2), 1–20.

Noel, L. (2015). Using Blogs to Create a Constructivist Learning Environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 617–621. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.591

Paksi, H. P., & Ariyanti, L. (2020). Sekolah dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Riadi, N., Musaddat, S., & Affandi, L. H. (2022). Analisis Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 Mata Pelajaran Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 47-56.

Rusman. (2016). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajagrafindo Persada.

arlan, S., Gunayasa, I. B. K., & Jaelani, A. K. (2022). Hubungan Antara Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 48-52.

Sohilait, E. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Penerbit Cakra.

Suci, Z., Maidiyah, E., & Suryawati. (2020). Pembelajaran Materi Koordinat Kartesius melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantuan Videoscribe. Jurnal Peluang, 8(2), 1–10. https://doi.org/10.24815/jp.v8i2.18737

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Syafnur, A., & Nofitri, R. (2019). Peningkatan Pembelajaran Melalui Blogspot Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Kisaran. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(1), 39–42. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i1.318

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema, 1(2), 31–38.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2022 Intan Khosi’urrohmah, Nyoman Sridana, Nurul Hikmah, Sudi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).