Melalui Metode Belajar Aktif Model Gabungan Ceramah dan Kerja Kelompok dapat Meningkatkan Kinerja Guru Mengajar di MTsN 2 Mataram Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
10.29303/jcar.v1i1.252Published:
2019-02-27Issue:
Vol. 1 No. 1 (2019)Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan yang telah dipelajari di MTsN 2 Mataram dan mengetahui pengaruh positif setelah metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok diterapkan oleh guru di MTsN 2 Mataram. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing terdiri dari satu kali pertemuan. Kesimpulannya, yaitu: 1) Pembelajaran dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru yang ditandai dengan peningkatan rata-rata ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,00%), dan siklus II (97,00%). 2) Penerapan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode belajar aktif model gabungan ceramah dan kerja kelompok pada materi pelajaran sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
Kata Kunci: Belajar aktif, Ceramah, Kerja Kelompok, dan Kinerja GuruReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rosida, Postalina & Titin Suprihatin. 2011. Pengaruh pembelajaran aktif dalam meningkatkan prestasi belajar Fisika pada siswa kelas 2 SMU. Proyeksi, Vol. 6 (2) 2011, 89-102.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PTRineka Cipta.
Sugiarti, Titik. 1997. Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka
Author Biography
Siti Rubianingsih, Kementerian Agama Kota Mataram
License
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).