Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus
Open Access
Peer Reviewed

Pengembangan Elektronik Modul pada Mata Pelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri

Authors

Jami’atul Aulia , Agus Ramdani , I Putu Artayasa

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.2566

Published:

2022-08-31

Downloads

Abstract

Masih banyaknya guru dalam mengajar IPA yang hanya berpedoman pada bahan ajar Pemerintah menyebabkan siswa menjadi kurang aktif di dalam pembelajaran, sehingga diperlukan pengembangan media yang mampu membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul IPA berbasis inkuiri yang valid. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research and Development mengacu pada model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi yang dinilai oleh validator ahli. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Selain mengembangkan e-modul, peneliti juga mengembangkan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan LKPD. Hasil penelitian menujukkan silabus memperoleh nilai rata-rata 89% dengan kriteria sangat valid, e-modul memperoleh nilai rata-rata 81% dengan kriteria sangat valid, RPP, memperoleh nilai rata-rata 84% dengan kriteria sangat valid dan LKPD memperoleh nilai rata-rata 84% dengan kriteria sangat valid. Elektronik Modul pada Mata Pelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri layak digunakan dan dimplementasikan dalam pembelajaran karena telah memperoleh skor validasi rata-rata 84.5% dengan kriteria sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Aulia , J. ., Ramdani , A. ., & Artayasa , I. P. . (2022). Pengembangan Elektronik Modul pada Mata Pelajaran IPA Materi Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 87–91. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2566