Validitas E-Modul Terintegrasi Pendekatan STEM Berorientasi PBL pada Pembelajaran Biologi
DOI:
10.29303/jcar.v4i3.2567Published:
2022-08-19Issue:
Vol. 4 No. 3 (2022): AgustusKeywords:
Validasi, E-modul, STEM, PBL.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran sangat dibutuhkan pada abad 21. Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan memanfaatkan dan menggunakan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul terintegrasi pendekatan STEM berorientasi PBL yang valid. Produk ini dapat menjadi solusi pembelajaran abad ke-21 yang identik dengan pemanfaatan teknologi. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research and Development. Uji validasi melibatkan 3 validator ahli pada bidangnya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan rumus persentase. Selain mengembangkan e-modul, peneliti juga mengembangkan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan instrumen evaluasi. Rata-rata hasil validasi produk yang berupa silabus, RPP, e-modul dan instrumen penilaian berada pada rentang 87,50% hingga 94,62% dengan kriteria valid. E-modul terintegrasi pendekatan STEM berorientasi PBL layak digunakan dan implementasikan pada pembelajaran biologi.
References
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60.
Aprilia, A., Yudiyanto, & Hakim, N. 2022. Pengembangan E-Modul Menggunakan
Flip PDF Professional pada Materi Fungi Kelas X SMA. Journal of Education and Teaching, 3(1), 116-127.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, N. H., Rusilowati, A., & Subali, B. (2021). STEM-based learning analysis to improve students’ problem solving abilities in science subject: A literature review. Journal of Innovative Science Education, 10(1), 79-86.
Chan-Choong Foong dan Esther G. S. Daniel. (2010). Assessing Students' Arguments Made in Socio-Scientific Contexts: The Considerations of Structural Complexity and The Depth of Content Knowledge. Procedia Social and Behavioral Sciences. 9. 1120–1127
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ekanara, B., Adisendjaja, Y. H., & Hamdiyati, Y. (2018). Hubungan Kemampuan Penalaran Dengan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Melalui PBL (Problem Based Learning). Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 13(2).
Farida, I. dan Gusniarti, W. F. (2014). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa pada Konsep Koloid yang Dikembangkan melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Edusains. Volume 4: 36.
Hadi, S., Muntari., & Burhanuddin. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 199-203.
Hafiz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Pendidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta'dib. 16(1): 28-43.Padang: Universitas Negeri Padang.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. American Educationa: Research Metodology.
Haruna, A. (2021). Menjelajahi Hubungan Level Argumentasi Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2686–2694.
Hayati, I. A., Rosana, D., & Sukardiyono, S. (2019). Pengembangan modul potensi lokal berbasis SETS untuk meningkatkan keterampilan proses IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 248-257.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191.
Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan modul fisika berbasis integrasi Islam-sains pada materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 55-66.
Jufri, A. W., Setiadi, S., & Sripatmi, D. (2016). Scientific Reasoning Ability Of Prospective Student Teacher in The Excellence Program of Mathematics and Science Teacher Education in University of Mataram. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 69-74.
Karlina, Gita, and Heffi Alberida. "Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi." Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 5, no. 1 (2021): 1-7.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5 (2), 53.
Kurniawati, V., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajectory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 369-380.
Lestari, N., Hartono, Y., & Purwoko. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Penalaran Matematika Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81-94.
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2022 yayuk yayuk, Irmayani, Agus Ramdani Ramdani , Dadi Setiadi Setiadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).