Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus
Open Access
Peer Reviewed

Validitas E-Modul Terintegrasi Pendekatan STEM Berorientasi PBL pada Pembelajaran Biologi

Authors

Irmayani , Agus Ramdani Ramdani , Dadi Setiadi Setiadi

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.2567

Published:

2022-08-19

Downloads

Abstract

Penggunaan media dalam pembelajaran sangat dibutuhkan pada abad 21. Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan memanfaatkan dan menggunakan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul terintegrasi pendekatan STEM berorientasi PBL yang valid. Produk ini dapat menjadi solusi pembelajaran abad ke-21 yang identik dengan pemanfaatan teknologi. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research and Development. Uji validasi melibatkan 3 validator ahli pada bidangnya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan rumus persentase. Selain mengembangkan e-modul, peneliti juga mengembangkan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan instrumen evaluasi. Rata-rata hasil validasi produk yang berupa silabus, RPP, e-modul dan instrumen penilaian berada pada rentang 87,50% hingga  94,62% dengan kriteria valid. E-modul terintegrasi pendekatan STEM berorientasi PBL layak digunakan dan implementasikan pada pembelajaran biologi.

Keywords:

Validasi, E-modul, STEM, PBL.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44-60.

Aprilia, A., Yudiyanto, & Hakim, N. 2022. Pengembangan E-Modul Menggunakan

Flip PDF Professional pada Materi Fungi Kelas X SMA. Journal of Education and Teaching, 3(1), 116-127.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, N. H., Rusilowati, A., & Subali, B. (2021). STEM-based learning analysis to improve students’ problem solving abilities in science subject: A literature review. Journal of Innovative Science Education, 10(1), 79-86.

Chan-Choong Foong dan Esther G. S. Daniel. (2010). Assessing Students' Arguments Made in Socio-Scientific Contexts: The Considerations of Structural Complexity and The Depth of Content Knowledge. Procedia Social and Behavioral Sciences. 9. 1120–1127

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ekanara, B., Adisendjaja, Y. H., & Hamdiyati, Y. (2018). Hubungan Kemampuan Penalaran Dengan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Melalui PBL (Problem Based Learning). Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 13(2).

Farida, I. dan Gusniarti, W. F. (2014). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa pada Konsep Koloid yang Dikembangkan melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. Edusains. Volume 4: 36.

Hadi, S., Muntari., & Burhanuddin. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 199-203.

Hafiz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Pendidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta'dib. 16(1): 28-43.Padang: Universitas Negeri Padang.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. American Educationa: Research Metodology.

Haruna, A. (2021). Menjelajahi Hubungan Level Argumentasi Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2686–2694.

Hayati, I. A., Rosana, D., & Sukardiyono, S. (2019). Pengembangan modul potensi lokal berbasis SETS untuk meningkatkan keterampilan proses IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 248-257.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191.

Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan modul fisika berbasis integrasi Islam-sains pada materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 55-66.

Jufri, A. W., Setiadi, S., & Sripatmi, D. (2016). Scientific Reasoning Ability Of Prospective Student Teacher in The Excellence Program of Mathematics and Science Teacher Education in University of Mataram. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 69-74.

Karlina, Gita, and Heffi Alberida. "Kemampuan Argumentasi Pada Pembelajaran Biologi." Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 5, no. 1 (2021): 1-7.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5 (2), 53.

Kurniawati, V., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajectory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 369-380.

Lestari, N., Hartono, Y., & Purwoko. (2016). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Penalaran Matematika Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 81-94.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Irmayani, Ramdani , A. R. ., & Setiadi , D. S. . (2022). Validitas E-Modul Terintegrasi Pendekatan STEM Berorientasi PBL pada Pembelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 92–97. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2567