Analisis Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap LKPD IPA Terapan Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)

Authors

Padliah , Agus Abhi Purwoko , Yayuk Andayani

DOI:

10.29303/jcar.v4i3.2568

Published:

2022-08-30

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2022): Agustus

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik, Pembelajaran Berbasis Masalah, Persepsi Guru, Persepsi Siswa.

Articles

Downloads

How to Cite

Padliah, Purwoko, A. A. ., & Andayani, Y. . (2022). Analisis Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap LKPD IPA Terapan Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Journal of Classroom Action Research, 4(3), 103–110. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2568

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

: Penelitian ini.bertujuan mendeskripsikan persepsi guru dan siswa terhadap LKPD IPA Terapan dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). LKPD IPA Terapan dan instrumen angket persepsi guru dan siswa divalidasi oleh 3 orang validator ahli sebelum diimplementasikan di sekolah , Subjek penelitian ini  responden sebanyak 4 orang guru IPA dan 160 siswa kelas X SMKN di Lombok Barat. pengumpulan data menggunakan angket terkait  persepsi guru dan siswa terhadap LKPD IPA  Terapan,  data angket menggunakan skala likert dengan kriteria skor, kemudian dilakukan interpretasi data berdasarkan kriteria  praktis. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil validasi LKPD IPA Terapan  memperoleh nilai rata-rata 90.8 ,validasi persepsi guru  diperoleh nilai rata-rata 86 dan validasi persepsi siswa memperoleh nilai rata-rata 86 dan nilai  rata-rata keseluruhan 87.6, hasil validasi LKPD IPA terapan dengan pembelajaran berbasis masalah termasuk kriteria dikatakan layak untuk digunakan  , sedangkan hasil analisis data pada persepsi guru memperoleh  nilai rata-rata 92 dan persepsi siswa memperoleh  nilai rata-rata  85,54 artinya LKPD IPA Terapan dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) tergolong sangat baik dan sangat  praktis, untuk digunakan pada siswa SMK.

References

Ajizah, E., Jamaluddin., & Artayasa, I. P. (2022). Validitas Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 121-127.

Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541-547.

Andayani, Y., Purwoko, A. A., & Hakim, A. (2021). Peningkatan Pemahaman Guru Tentang Etnosain dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4).

Andayani, Y., Purwoko, A. A., Jamaluddin, J., Makhrus, M., & Harjono, A. (2020). Identifikasi pemahaman guru tentang pengembangan perangkat pembelajaran IPA SMP dengan pendekatan etnosain. Jurnal Pepadu, 1(2), 229-234.

Firmansyah, E., Sari, N. M., & Mubarika, M. P. (2021). Modul komunikatif pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. PRISMA, 10(2), 264-273.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Mellyzar, M. (2021). Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Redoks Dan Tatanama Senyawa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 81-89.

Muhaimin, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kelistrikan Mesin. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 5-13.

Rahman, M. H., & Latif, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas V. Edukasi, 18(2).

Rahmatina, C. A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis STEM (science, technology, engineering, and mathematics) di SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(1), 27-33.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rochmawati, A., Wiyanto, W., & Ridlo, S. (2019). Analysis of 21st Century Skills of Student on Implementation Project Based Learning and Problem Posing Models in Science Learning. Journal of Primary Education, 8(4), 58-67.

Rosilia, P., Yuniawatika, Y., & Murdiyah, S. (2020). Analisis kebutuhan bahan ajar siswa di kelas III SDN Bendogerit 2 Kota Blitar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 125.

Saleh, S. M., & Sulaiman, H. (2019, December). Gamification in T&L of mathematics: Teacher’s willingness in using Quizizz as an additional assessment tool. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2184, No. 1, p. 030005). AIP Publishing LLC

Wibowo, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Menerapkan Prosedur Teknik Pengefreisan Balok Segiempat di SMK Negeri 1 Selong untuk Peningkatan Hasil Belajar Kelas IX. Journal of Classroom Action Research, 2(2).

ŽivkoviĿ, S. (2016). A model of critical thinking as an important attribute for success in the 21st century. Procedia-social and behavioral sciences, 232, 102-108.

License

Copyright (c) 2022 Padliah, Agus Abhi Purwoko, Yayuk Andayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).