Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri

Authors

Dessy Arfianty , I Made Suwasa Astawa , Baik Nilawati Astini , Fahruddin

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2642

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Arfianty, D. ., Astawa, I. M. S. ., Astini, B. N. ., & Fahruddin. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 80–84. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2642

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide, berbicara dan pengucapan membutuhkan stimulasi yang tepat agar dapat meningkatkan keterampilan berbicara sesuai dengan usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media gambar berseri di kelompok B PAUD Nusantara desa karang bayan kecamatan lingsar. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengujian keabsahan data digunakan untuk menguji kredibilitas suatu data tersebut apakah dapat dipercaya atau tidak. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji credibility (kepercayaan). Hasil presentasi dari penelitian ini mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan persentase 45,17%, dan siklus II dengan persentase 95,35%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara dapat ditingkatkan melalui media gambar berseri di kelompok B PAUD Nusantara desa karang bayan kecamatan lingsar, dikategorikan berhasil meningkat atau berhasil.

References

Arief S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Erni Oktavia, Fahruddin. 2020. Dengan judul penelitian “pengaruh penggunaan media kartu gambar cerita berseri terhadap perkembangan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ampenanâ€. Mataram: PG PAUD FKIP Universitas Mataram.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Irwanto, N. d. (2016). Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan dan Penilaian kinerja guru dalam rangka implementasi kurikulum nasional. Sidoarjo: Genta Group Production.

Kholifah. (2018). Prosiding Seminar Nasional: Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa, Jilid 3. Tuban: Fakultas Keguruan dan Ilmu PGRI Ranggolawe Tuban

Medyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahaya Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Melinda Puspita Sari Jaya. 2019. Pengaruh Media Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di TK ABA 3 Kota Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019. Vol.2, No 1.

Melly Asfari, dkk, 2022. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri. Mataram : PGPAUD FKIP Universitas Mataram.

Novan Ardy Wiyani dan Barnawi. (2012). Format PAUD Konsep, Karakteristik &Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurfadilah, N., Astini, B. N., Fahruddin, F., Nurhasanah, N. Pemanfaatan Film Animasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesia Journal of Elementari and Childhood Education, Vol.1, No.4, hal 146-154.

Nurhadi, R., Trisnawati, M., Faujiyah, N., Rahmawati, E., & Fanhas Fatwa Khomaeny, E. (2018). Melatih Sikap Sabar Kepada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2, 66-72.

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113-122.

Oktafiani, S. (2021). Belajar Asyik Masa Pandemi: Inovasi Belajar Pidato Melalui Media Pembelajaran Kreatif.

Oktavia, E., & Fahruddin, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Gambar Cerita Berseri Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Eksperimen di Kelompok BTK Negeri Pembina Ampenan). JUMPA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak), 1(1), 1-4.re=-0=-543wq WQ6

Rahmatiana, F., Astawa, I. M. S., Fahruddin., & Rachmayani, I. (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamidy Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Safangati, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri pada Anak Kelompok A di TK Aba Barahan Galur Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(4), 10-17.

Septiani, D., Meiyani, N., & Assjari, M. (2010). Pengembangan komunikasi verbal pada anak tunarungu. Jassi Anakku, 9(2), 124-130.

Suarsih, L. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menerapkan Metode Show and Tell pada Pembelajaran Bahasa dan Sasra Indonesia. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1 (1), 1-476.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip pembelajaran. Jakarta: Kencana Persada Group.

Yuliani Nurani Sujiono. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Dessy Arfianty, I Made Suwasa Astawa, Baik Nilawati Astini, Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).