Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar

Authors

Nabilah , Amrullah , Ulfa Lu’luilmaknun , Sripatmi

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2643

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Analisis Kemampuan, Berpikir Reflektif Matematis, Gaya Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Nabilah, Amrullah, Lu’luilmaknun, U. ., & Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 185–193. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2643

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan berpikir reflektif matematis adalah suatu kegiatan siswa secara aktif dalam menghubungkan pengetahuan yang pernah diperolehnya dalam menyelesaikan permasalahan untuk mendapatkan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar kelas VII A SMP Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Mataram dengan jumlah 39 siswa. Subjek ditentukan dengan tehnik purposive sampling sehingga diperoleh 2 dari masing-masing gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes kemampuan berpikir reflektif matematis, angket gaya belajar dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir reflektif matematis. Sehingga dapat dikatakan bahwa siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis yang lebih bagus dibanding siswa dengan gaya belajar visual dan auditorial.

References

Adhani, H., Nurhasanah, N., Tahir, M., & Oktavianty, I. (2022). Gaya Belajar Siswa: Apakah Ada Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa?. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 62-71.

Bobby, D., & Hernacki, M. (2007). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: kaifa.

Bobby, D., & Hernacki, M. (2010). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: kaifa.

Faizal, M. A. (2018). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam memecahkan Masalah Berbetuk Soal Cerita Matematika Berdasrkan Gaya belajar. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Gurol, J. (2011). Menentukan Keterampilan Berpikir Reflektif Preservice Teaching dalam Proses Belajar Mengajar. Ilmu dan Teknologi Pendidikan Energi Bagian B Studi social dan Pendidikan. Vol 3 (3). https://avesis.yildiz.edu.tr/yayin/095713e8-6b58-4988-8d7d-a29683a9a542/determining-the-reflective-thinking-skills-of-pre-service-teacher-in-learning-and-teaching-process/document.pdf

Hadi, S., Muntari., & Burhanuddin. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Model PBL Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Masalah Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 199-203. https://doi.org/10.29303/jcar.v4il.1729

Inastuti, I. G. A. S., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan ditinjau dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66-80. https://doi.org/10.29303/griya.vlil.4

Jaenudin., Nindiasari, H., & Aan, S, P. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69-82. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.256

Kurniawan, F., Wijoyo, Hadion,. Indrawan, Irjus., Suci, & Gede, I. S. (2020). Transformasi Digital dan Gaya Belajar. Purwokerto Selatam: CV. Pena Persada.

Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muin, A., Yaya, S., Kusumah., & Sumarmo, U. (2012, 3-6 Juli). Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Reflektif Matematik. Prosiding disampaikan pada KNM XVI, UNPAD, Jatinangor. https://repository.ugm.ac.id/136525/1/Aljabar Bersih.pdf

Muslim, S. S., Prayitno, S., Humaira, N., & Amrullah. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295-303. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Sari, A. K. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21107/edutic v1i1.395

Sarlan., Bagus, I. K. G., Kadir, A., J. (2022). Hubungan Antara Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 48-52. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1460

Sukmawati, A., Harjono, A., & Ermiana, I. (2022). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 125-129. https://doi.org/10.29303/jcar.v4il.1461

Sukmawati, A., Harjono, A., & Ermiana, I. (2022). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 125-129.

Suryabrata, S. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Taggart, G. L., & Wilson, A. P. (2005). Mempromosikan Pemikiran Reflektif dalam 50 Strategi Tindakan Guru. Ribu Oaks, California: Corwin Press.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1), 7–21. https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2

Yamin, M., Triutami, T. W., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel terhadap Efikasi Diri Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 88-96.

License

Copyright (c) 2023 Nabilah, Amrullah, Ulfa Lu’luilmaknun, Sripatmi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).