Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak

Authors

Ainun Jariah , Baik Nilawati Astini , Fahruddin , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2646

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Ecoprint, Motorik Halus, Anak Kelompok B, TK Negeri Model Mataram

Articles

Downloads

How to Cite

Jariah, A., Astini, B. N. ., Fahruddin, & Rachmayani, I. . (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 75–79. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2646

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Negeri Model Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kegiatan membatik serta mengetahui cara atau langkah-langkah membatik dengan bahan alam untuk mengembangkan motorik halus anak kelompok B di TK Negeri Model Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Data dikumpulkan melalui metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan dua tahap uji coba. Hasil yang diperoleh pada tahap uji coba I (pertemuan I) memperoleh nilai presentase sebesar (40,08%). Terjai peningkatan di tahap uji coba I ( pertemuan II) sebesar (61, 03%), pada tahap uji coba II (pertemuan III) meningkat lagi mencapai (67,28%), pada tahap uji coba II (pertemuan IV) sebesar (83,09%). Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan membatik dengan bahan alam dapat meningkatkan motorik halus anak kelompo B di TK Negeri Model Mataram.

References

DS, B. W., & Alvin, M. A. (2019). Teknik pewarnaan alam eco print daun ubi dengan penggunaan fiksator kapur, tawas dan tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 17.

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas seni anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143-1155.

Fatmala, Y., Hartati, S. (2020) Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Fazruza, Murizar, Mukhlis Novita. 2018. Eksplorasi Daun Jati Sebagai Zat Pewarna Alami Pada Kain Katun Sebagai Produk Phasmina Dengan Teknik Ecoprint. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 3(3).

Fiyah, M.T, 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Dengan Kunyit Pada Anak Kelompok Bermain PAUD PKK Peranggung Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.Artikel Universitas Nusantara PGRI Kediri. Di akses 4 juli 2020

Ikawat, K. S. Saparahayuningsih, Yulidesni, 2017: Meningkatkan Kemampuan Media Tepung Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu Jurnal Ilmiah Potensi 2017,vol.2 Nmor 2 (Diakses 3 juli 2017)

Irianingsih, Nining. 2018. Yuk Membuat Ecoprint Motif Kain dari Daun dan Bunga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kharisma, Vidya ; Ulfa Septiana. 2019. Pelatihan Teknik Ecoprint Untuk Gru PAUD. Seminar Naional: Seni, Teknologi, dan Masyarakat.

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1).

Nurliana, S., Wiryono, W., Haryanto, H., & Syarifuddin, S. (2021). Pelatihan ecoprint teknik pounding bagi guru-guru paud haqiqi di kota bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 262-271.

Oktari, Vnni Miza. 2017. Penggunaan Media Bahan Alam dalam Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. Jurnal PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.1 (1)

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Nasional Anak Usia Dini.

Putri,Melinda Royyila.2018. Peningkatan Kemampuan Mengurutkan Pola Melalui Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok A1 Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Taman Kanak-Kanak Desa Wonopolo Tasikmadu Kurang Nagayar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Kumara Cendekia. 6 (1)

Saptutri Ningsih, E; Wardani, D.T.K 2019. Pemanfaatan Bahan Alam untuk Mengembangkan Produk Ecoprint di Dukuh IV Cerme Panjatan Kabupaten KulonProgo. Warta LMP,21 (2).

Saraswati, R., Susilowati, D., Restuti, R, C., Pamungkas, F. D., 2019. Pemanfaatan Daun Untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata. Depok: Departemen Geografi FMIPA Universitas Indonesia.

Sari, 2019 mix Teknik Ecoprint dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. Jurnal Seni Kriy. 8 (1)

Septiana Anisa, 2018.Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Seni Membatik di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Kemiling Bandar Lampung.Skripsi Lampung Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif R &D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384-5396.

Waluyo, Lorensius Anang Sutiya dkk. 2019. PKM Kerajinan Batik Ecoprint danTye Dye di Kota Madiun dan Ponorogo. Jurna Asawik: Media Sosial Abdimas Widya Karya.4(2).

Winarsih. 2019. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Keiatan Membatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan 1 (1)

Wisudayanti, K. A. (2019). Peningkatan motorik halus anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 1(2), 8-13.

License

Copyright (c) 2023 Ainun Jariah, Baik Nilawati Astini, Fahruddin, Ika Rachmayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).