Implementasi Teknik Mozaik Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia
DOI:
10.29303/jcar.v5i1.2647Published:
2023-05-17Issue:
Vol. 5 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
Pengaruh, Display Kelas, Motivasi Belajar siswaArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui implementasi teknik mozaik dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Janapria tahun 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diteliti yaitu 10 anak.Metode pengumpulan yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode implementasi ini menggunakan 3 tahap implemntasi yaitu tahap implementasi pertama menggunakan media kertas origami dengan pola gambar jeruk dengan tingkt kesulitan rendah, tahap implementasi kedua menggunakan media daun dengan pola gambar bunga matahari tingkat kesulitan sedang, pada tahap implemntasi ketiga menggunakan media cangkan telur dengan pola gambar ayam dengan tingkat kesulitan tinggi. Langkah-langkah implemntasi teknik mozaik yang sudah dilaksanakan pada saat pegembangan (1) guru membuat pola gambar pada pola kertas, (2) guru mempersiapkan alat dn bahan, (3) guru memberikan petunjuk atau langkah-langkah cara bermain mozaik pada anak. (4) guru memberikan waktu kepada anak untuk bermain mozaik, (5) guru membantu hingga seluruh anak meyelsaikan permainan teknik mozaik (5) guru memberikan arahan setelah selsai pada anak untuk membersihkan dan merapikan tempat yang sudah ditempati, (7) guru megevaluasi asil akhir. Pada hasil penelitian ini menunjukan implemntasi teknik mozaik dalam mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Janapria sebagai berikut :pada tahap pengembangan 1 nilai rata-rata yang dicapai ke-10 subyek penelitian adalah 81,70%. Pada tahap pengembangan ke-2 nilai rata-rata yang dicapai ke-10 subjek penelitian adalah 85,80%. Dan tahap pengembangan ke-3 nilai rata-rata yang di capai ke-10 subjek penlitian adalah 89,37%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi teknik mozaik dalam meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Janapria 2022/2023
References
Annisa Sukmawati., Topik R., Rosarina. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Tinjauan Literatur Sistematis Program Studi PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya.
Dadan suryana,.(2014) Dasar-Dasar Pendidikan TK Modul 1 h. 1.8-1.10 di akses pada 7 april 2022
Hasnawati,. Dwi A,. (2016). Mozaik Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Metode Pembinaan Kreativitas dan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Fkip Universitas Bengkulu hal 230.
Hasanah,. Uswatun,. (2020) Implementasi Teknik Mozaik dalam Perkembangan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Anwar Konang Galis Pamekasan.Institut Agama Islam Negeri Madura.
Arikunto (2019),.https://serupa.id/instrumen-penelitian/ di akses pada tanggal12 maret 2022
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014) permendikbud No.137 di akses pada tanggal 12 maret 2022
Luluk Asmawati,. (2010). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Dini Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. Universitas Terbuka
Maya Rosita,. (2018). Penggunan Teknik Mozaik Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Bayangkari Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Universitas Islam Negeri Rden Intan Lampung 1439/2018 M) ibid,h-75-82
Mansur,. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam,. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2014 di akses pada tanggal 15 maret 2022
Mulyasa,. Manajemen PAUD, ( Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014) h 16 diakses pada tanggal 15 maret 2022
Moh Fauziddin,. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai). Hal 7-8
Nurlaili.M.Pd,. (2019). Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Hal 9-12. Di akses pada tanggal 22 februari 2022
Raodah,. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Kolase Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudatul Jihad Gerung Tahun Ajaran 2014-2015. Universitas Mataram.
Setipu J,. Sri R,. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdan. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah SumateraUtara. Jalan Kapten Mukhtar Basri No.03 Medan
Sunanih,. (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Vol 1 Jurnal Pendidikan
Sumanto, (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. (Jakarta : Dapertemen pendidikan nasional, Direktorat jendral pendidikan tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga kependidikan dan Keteenagaan Peguruan Tinggi)
Steffi Claudia,. Ajeng Ayu W,. Mozes K,. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. (PG PAUD, FKIP,Universitas Kristen Satya Wacana). Hal 146-147. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Sugiyono,. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif dan R&D. Bandung : CV Alfabeta
Sugiyono,. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta
UU Pemendiknas, “58 Standar PAUDâ€, (17 September 2009) diakses pada tanggal 18 maret 2022
Umar Sulaiman, dkk. (2019) Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Bedasarkan Setandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Uin Alauddin Makasar hal 54
Usman, S.Pd, dkk. Pengunaan Teknik Mozaik Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Kelompok B Di Paud Yapis Konda. Universitas Muhamadiah Kediri.
Wardani Naniek. (2011) Assesment Pembelajaran. Semarang : UNNES di akses pada tanggal 2 april 2022.
License
Copyright (c) 2023 Novia Lestari, Nurhasanah, I Made Suwasa Astawa, Muhammad Tahir Tahir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).