Dampak Penggunaan Gadget di Era New Normal Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak

Authors

Millennie Keke , 𝐌𝐮𝐚𝐳𝐚𝐫 𝐇𝐚𝐛𝐢𝐛𝐢 , 𝐈𝐤𝐚 𝐑𝐚𝐜𝐡𝐦𝐚𝐲𝐚𝐧𝐢

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2736

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Penggunaan Gadget, Sosial Emosional, TK Kartini

Articles

Downloads

How to Cite

Keke , M. ., 𝐇𝐚𝐛𝐢𝐛𝐢, 𝐌𝐮𝐚𝐳𝐚𝐫 ., & 𝐑𝐚𝐜𝐡𝐦𝐚𝐲𝐚𝐧𝐢, 𝐈𝐤𝐚 . (2023). Dampak Penggunaan Gadget di Era New Normal Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 109–113. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2736

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget di era new normal pada perkembangan sosial emosional anak Kelompok B di TK Kartini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis mengenai dampak penggunaan gadget di era new normal pada perkembangan sosial emosional anak kelompok B di TK Kartini, penggunaan gadget dengan durasi penggunaan yang bervariasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak positif dan dampak negatif pada objek, dampak positif yang dialami yaitu adanya pengawasan dari orang tua pada saat bermain gadget dan memberi batasan dan durasi waktu pada saat bermain gadget serta berpartisipasi aktif pada saat berkegiatan. Kemudian dampak negatif yang dialami yaitu, kurangnya pengawasan dari orang tua dan tidak ada kesepakatan waktu serta durasi pada saat bermain gadget serta kurangnya partisipasi pada saat berkegiatan. Dari hasil penelitian dari ke-10 subyek penelitian, dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak dengan dampak negatif sebanyak 6 murid dan 4 murid yang  terkena dampak positif dari penggunaan gadget. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak kelompok B di TK Kartini adalah semakin sedikit durasi anak pada saat menggunakan gadget maka semakin baik pula perkembangan sosial emosional anak.

References

Apriansyah, A., & Tureni, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Biau Pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Biology Science and Education, 7(1), 455-457.

Chandra Anugrah Putra. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. Vol.2 No.2.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Fathoni. 2017. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.3. No.4.

Habibi, MA Muazar. 2015. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta. Cv Budi Utama.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49-57.

Hubbi, U., Ramdani, A., & Setiadi, D. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter kedalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan di Era Milenial. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

Kasipahu, M. K., Asrin., & Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 140-146.

Nafaida, R. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 57-61.

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Saputri, A. D., & Pambudi, D. A. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 3, pp. 265-278).

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Yani, E. I., Karma, I. N., Oktaviyanti, I., & Witono, A. H. (2022). Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Pada Program Semua Anak Cerdas (SAC). Journal of Classroom Action Research, 4(4).

License

Copyright (c) 2023 Millennie Keke , 𝐌𝐮𝐚𝐳𝐚𝐫 𝐇𝐚𝐛𝐢𝐛𝐢, 𝐈𝐤𝐚 𝐑𝐚𝐜𝐡𝐦𝐚𝐲𝐚𝐧𝐢

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).