Pengembangan Busy Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B
DOI:
10.29303/jcar.v5i1.2748Published:
2023-05-17Issue:
Vol. 5 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
Busy Book, Kemampuan Kognitif, Perkembangan.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kualitas perkembangan anak khususnya perkembangan kognitif sangat ditentukan oleh stimulasi yang diperolehnya sejak dini. Anak membutuhkan stimulasi yang tepat yakni melalui bermain ataupun aktivitas yang menyenangkan seperti permainan Busy Book. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media permainan untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak secara maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan tujuan untuk mengembangkan media permainan Busy Book untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Metode pengumpulan data adalah observasi, pembagian angket dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah terbuatnya media pembeljaran Busy Book dengan penerapan menggunakan media busy book. Media busy book ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak yang dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian tahap pengembangan I berada pada kategori mulai terlaksana dengan skor 48% untuk pelaksanaan permainan dengan kemampuan kognitif sebesar 55%. Pada pengembangan II pelaksanaan permainan Busy Book meningkat menjadi 61 % dan berada pada kategori terlaksana dengan baik dengan kemampuan kognitif anak sebenar 60% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Busy Book dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Islam Raudhatul Mahabbah.
References
Daryanto, 2013. Media Pembelajaran, Bandung : PT Sarana turotia nurani sejahtera.
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Khadijah, 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Mansyur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2011).
Novitasari Yesi (2018). Analisis Permasalahan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.Vol.2 No.2.https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Novitasari, Y. (2017). Development of child activity sheet by using the scientific approach at ethnic subtheme to introduce Indonesian cultural variety. In Proceeding the 1st International Conference on Education Innovation (Vol. 1, No. 1, pp. 116-120).
Nurfadniati, Habibi, M. M. ., Jaelani, A. K., & Astini, B. N.. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2356
Sudirman, Abdul Kadir Jaelani, I Ketut Widiada, Muhammad Tahir, & Radiusma. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah: Media Audio Visual; Perangkat; Kegiatan pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4),279–284. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1112
Sugiyono., (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R& D). Bandung. Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ulfa, Azra Aulia dan Elva Rahma. 2017. Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Volume 6, No 1. https://doi.org/10.24036/8121-0934
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). ( Jakarta: Sinar Grafika, 2011 ).
Windriani, B. N. ., Jaelani, A. K. ., & Darmiyani, D. (2021). Hubungan Gaya Belajar Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siwa Kelas V SDN 5 Gunung Rajak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(2), 98–104.http://jipi.unram.ac.id/index.php/jipi/article/view/168
Yamin, H. Martinis dan Sanan, Sabri Jamilah. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: GP Press.
License
Copyright (c) 2023 Rezki Febrianti, I Nyoman Suarta , Abdul Qadir Jaelani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).