Vol. 5 No. 1 (2023): Februari
Open Access
Peer Reviewed

Keterampilan Bertanya Guru Pada Pembelajaran Tematik Siswa

Authors

Ayu Alfira Rizki , Muhammad Makki , Nurhasanah

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2796

Published:

2023-01-17

Downloads

Abstract

Keterampilan bertanya merupakan salah satu keterampilan dasar yang diajarkan yang penting untuk dikuasai guru. Kurangnya keterampilan bertanya yang baik yang dimiliki oleh guru dapat mengarahkan siswa dalam suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan bertanya guru pada pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan yang pokok adalah keterampilan bertanya, yang dapat memperoleh jawaban kejelasan pelajaran dengan jawaban lisan dari guru maupun siswa dari interaksi guru pada siswa dan siswa kepada guru yang disebut interkasi dua arah. Jika guru mempunyai kompeten atau profesional saat melaksanakan pembelajaran di kelas tujuan dari pembelajaran mampu tercapai. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya guru pada pembelajaran tematik mampu menggapai tujuan pembelejaran yang efektif, menumbuhkan kreativitas peserta didik dan menjadikan siswa aktif.

Keywords:

Keterampilan, Bertanya, Tematik

References

Arikunto dan Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Laila, Q. N., Tarbiyah, I., Al, N., & Mojokerto, H. J. M. J. P. S. P. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Jenjang SD/MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2).

Mansur HR. (2015). Teknik Bertanya Dalam Pembelajaran. E-buletin Media Pendidikan LPMP Sulsel

Miles dan Hubberman. (2015) Model Analasis Interaktif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulayasa. ( 2015). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda.

Multazam, U. (2017). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Implikasinya Bagi Kinerja Guru. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 22-40.

Nalole, Martianty. (2010). Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN no. 64 Kota Timur Kota Gorontalo.Volume 7 no 2. Inovasi : Universitas Negeri Gorontalo.

Pauziah, S., & Karma, I. N. (2019). Pengaruh Propesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Gugus II Kecamatan Kopang. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 164-170.

Rahmawati., Asrin., & Oktaviyanti, I. (2023). Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 41-47.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Riadi, N., Musaddat, S., & Affandi, L. H. (2022). Analisis Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 Mata Pelajaran Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 47-56.

Rifa’I dan Briggs. (2012). Hakekat Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan prpfesionalisme Guru. Jakarta : Rja Grafindo Persada.

Sapa’at, Asep. (2012). Stop Menjadi Guru. Jakarta : Katalog dalam Terbitan (KDT)

Saud. (2010). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010).Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugandi, Achmad. (2007). Teori Pembelajaran. Semarang: Pusat Pengembangan UNNES

Sugiyono. (2010). Uji Kredibilitas Data. Bandung: Alfabeta.

Suhaeningsih. (2018). Pembelajaran Mikro. Sumedang : UPI Sumedang Press

Susanto, Ahmad. (2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Syaripuddin. (2019).Sukses Mengajar di Abad 21 (Keterampilan Dasar Mengajar dan PendekatanPembelajaran K13).Ponorogo : Uwaus Inspirasi Indonesia.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Rizki, A. A. ., Makki, M. ., & Nurhasanah. (2023). Keterampilan Bertanya Guru Pada Pembelajaran Tematik Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(1), 216–224. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2796