Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv Ditinjau Dari Jenis Kelamin

Authors

Fandi Ahmad , Muhammad Turmuzi , Junaidi , Baidowi

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2799

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita, Materi SPLDV, Jenis Kelamin

Articles

Downloads

How to Cite

Ahmad, F., Turmuzi, M. ., Junaidi, & Baidowi. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv Ditinjau Dari Jenis Kelamin . Journal of Classroom Action Research, 5(1), 127–136. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2799

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 3 berjenis kelamin laki-laki dan 3 berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan awal matematika yang berbeda-beda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles & Hubarman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Siswa berjenis kelamin laki-laki dengan kemampuan awal matematika tinggi dan sedang mengalami kesulitan dalam meyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada tahap melihat kembali hasil; 2) Siswa berjenis kelamin laki-laki dengan kemampuan awal matematika rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada tahap merencanakan strategi penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan melihat kembali hasil; 3) Siswa berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan awal matematika tinggi tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV; 4) Siswa berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan awal matematika sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian pada operasi hitung; 5) Siswa berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan awal matematika rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan tahap melihat kembali hasil; 6) interpretasi kemampuan menyelesaikan masalah menurut Polya dengan nilai tertinggi 72,2225 diperoleh oleh siswa perempuan dengan kemampuan awal matematika sedang dan nilai terendah 44,45 dioeroleh oleh siswa laki-laki dengan kemampuan awal matemtika rendah.

References

Adistira, L. G. A. D., Hasniati, & Jiwandono, I. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Perkalian. Journal Of Classroom Action Research, 4(4), 123–130.

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27.

Akramunnisa, & Sulestry, A. I. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi dan Gaya Kognitif Field Independent (FI). Pedagogy Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 45–56.

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25–34.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. LEMMA (Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar), 2(1), 26–34.

Deporter, B., & Mike, H. (2003). Quantum Learing. Bandung: Kaifa.

Dorisno. (2019). Hubungan Gender Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal PGMI Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang, IX(1), 19–28.

Fadhallah. (2021). Wawancara. UNJ Press.

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Dialektika Pendidikan Matematika, 8(1), 542–558.

Hafidz, A. A. (2019). Pengaruh Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 69–72.

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Barisan Dan Deret. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasan, N., Subanji, & Sukorianto. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan, 4(4), 468–477.

Rahmawati, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPM), I(2), 46–51.

Safitri, M., Mukharomah, H., Dzahabiyyah, S. N., Listianadewi, F., Palupi, L. R., Nursatamala, S., & Darmadi. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 76–80.

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender Pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41–48.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 286–293.

Sarlan, Gunayasa, I. B. K., & Jaelani, A. K. (2022). Hubungan Antara Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV. Journal Of Classroom Action Research, 4(48–52).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika5, 5(1), 24–32.

Yamin, M., Amrullah, Triutami, T. W., & Subarinah, S. (2022). Analaisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel terhadap Efikasi Diri. Journal Of Classroom Action Research, 4(4), 88–96.

License

Copyright (c) 2023 Fandi Ahmad, Muhammad Turmuzi, Junaidi, Baidowi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).