Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

Rahmawati , Asrin , Itsna Oktaviyanti

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2812

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Kompetensi profesional guru, prestasi belajar, ilmu pengetahuan sosial

Articles

Downloads

How to Cite

Rahmawati, Asrin, & Oktaviyanti, I. . (2023). Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2812

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Woja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dirancang dengan penelitian deskripsi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN gugus 2 Kecamatan Woja sebanyak 79 siswa. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 65 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berbentuk checklist menggunakan skala likert. Instrument penelitian menggunakan angket kompetensi profesional guru dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang memperoleh bahwa nilai konstanta a adalah 84,456, sedangkan nilai konstanta b adalah 0,051. sehingga persamaanya menjadi:     uji regresi linier sederhana didapatkan nilai Signifikansi sebesar 0,007. Nilai yang diperoleh  ini lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi Profesional Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Pada  Mata Pelajaran  IPS Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Woja. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwan terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa pad apelajaran IPS Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Woja.

References

Arfah, M., & Muhidin, S. A. (2018). Hubungan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen di kota Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 182-189.

Azwar, S. 2010. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Departement pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI: Jakarta.

Depdiknas-2006.Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar isi.Jakarta : Depdiknas.

Elan, E., Rahman, T., & Dewi, E. (2022). Bagaimana Kompetensi Profesional Guru RA Ditinjau dari Kualifikasi Sesuai Regulasi di Kota Tasikmalaya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5180-5190.

Milla, H., & Kurnia, Y. D. (2022). Hubungan Guru Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 65 Bengkulu Utara. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 165-176.

Mujtahid, 2011.Pengembangan profesi Guru, Malang: UIN Maliki press.

Nuraini, Asrin, dan Ilham Syahrul Jiwandono. 2021. Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Pembelajaran PPKn Dengan Karakter Siswa Kelas V SDN Gugus V Ampenan. Primary Education Journal Vol. 2, No. 1.

Riduwan.(2015). Dasar-Dasar Statistika.Bandung: Alfabeta.

Sholihin Febriansyah. (2015). “Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Siswa XI IPS SMA FE UNY.

Simbolon, M. (2018). Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SD Negeri 10 Lumban Suhisuhi Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), 6(1), 108-113.

Siswanto, A. (2012). Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Jakarta Tiur (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).

Sugiyono.(2018). Metode penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatifr, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018- Metode Peneltian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R&d.Bandung : Alfabeta.

Van Harling, V. N. (2020). Analisis Hubungan Kedisiplinan Belajar Dari Rumah (Bdr) Dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Selama Masa Pandemi. Soscied, 3(2), 80-85.

License

Copyright (c) 2023 Rahmawati, Asrin, Itsna Oktaviyanti

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).