Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak

Authors

Lala Puji Ziadini Insani , Nurhasanah , I Made Suwasa Astawa , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2815

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Finger Painting, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Articles

Downloads

How to Cite

Insani, L. P. Z. ., Nurhasanah, Astawa, I. M. S. ., & Rachmayani, I. (2023). Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 48–55. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2815

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan metode finger painting yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PKK Jantuk Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang anak pada kelas B1. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan dengan tiga kali pertemuan. Setiap tahap pengembangan terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah-langkah kegiatan, hingga aturan yang digunakan. Langkah-langkah metode finger painting  yang sudah dimodifikasi yaitu: a. tahap persiapan (1) menyiapkan alat dan bahan, (2) pendidikan melakukan setting kelas. b. tahap pelaksanaan, terdiri dari kegiatan pembuka dan kegiatan inti, (1) kegiatan pembuka, dimulai dari mengaitkan tema dengan pembelajaran, hingga menjelaskan alat, bahan, dan aturan pelaksanaan kegiatan. (2) kegiatan inti, dimulai dari ketika anak memilih posisi duduk yang diinginkan, mencampurkan bubur warna, mulai mencelupkan jari, hingga mulai melakukan finger painting diatas media, serta menuliskan nama dan kelas di atas media lukis. c. tahap penutup atau recalling (1) peserta didik mencuci tangan, (2) secara bersama-sama membereskan alat dan bahan yang telah digunakan, (3) melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai lukisan apa yang dibuat, menanyakan kesulitan yang dihadapi, hingga menanyakan perasaan anak. Hasil persentase nilai yang diperoleh pada tahap pengembangan I adalah sebesar (47,74%), pada tahap pengembangan II memperoleh nilai sebesar (68,36%), dan pada tahap pengembangan III memperoleh nilai sebesar (83,94%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK PKK Jantuk tahun ajaran 2022/2023.

References

Agustina, A. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Anak Kelas A TK Negeri Pembina Gerung Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018â€. Skripsi. FKIP Universitas Mataram.

Amalia, W., & Mayar, F. (2021). Perkembangan Motorik Halus melalui Metode Finger Painting. Jurnal Pendidikan Tembusai 5(3), 9158-9 162

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astini, B. N., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (APE) Dalam Mengembangka Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31-40.

Astini, B. N., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (APE) Dalam Mengembangka Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31-40.

Damayanti, A., & Aini, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Melipat Kertas Bekas. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 65-77.

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23-31.

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23-31.

Fitri, L. (2020). Mengembangkan Kegiatan Finger Painting Untuk meningkatkan motoric Halus pada Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Otak Lombok Tengah Tahun 2020. Skripsi. FKIP Universitas Mataram.

Hakim, S. N., Sopha, M., Febriana, S., Rachmat, M., & Dewi, I. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun dengan Teknik Meremas. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1957-1966.

Hidahyani, A., & Sujarwanto, S. (2021). Finger Painting Sebagai Teknik Pengembangan Motorik Halus Anak Cerebral Palsy Di Usia Sekolah. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2).

Linda, S., & Suryana, D. (2020). Pengaruh Stencil Print dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1399-1407.

Nurhasanah. 2015. Perkembangan Anak Usia Dini. Mataram Lombok: Arga Puji Press.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140.

Ruri, R. O., Laiya, S. W., & Ardini, P. P. (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas. Jambura Early Childhood Education Journal, 2(1), 85-90.

Saputro, B. 2021. Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manejemen Pendidikan IPA. Tersedia dari Google Books.

Sitorus, F. R. B. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting Di Ra Darul Madani Jl. Pendidikan Kec. Percut Sei Tuan Ta 2016/2017 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatof, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarini, S. (2020). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggambar dengan Teknik finger painting pada anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Bantul. Journal Pendidikan Anak 9, no. 2 (2020): 86-93

Suriati, S., Kuraedah, S., & Erdiyanti, E. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211-223.

Wahyudi, I. N., & Nurjaman, I. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 12-25.

Yulsyofriend, Y., & Ismet, S. (2019). STIMULASI MOTORIK HALUS ANAK MELALUI METODE MIND MAPPING BAGI GURU-GURU PAUD DI KECAMATAN AUR BIRUGO TIGO BALEH KOTA BUKITTINGGI. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 163-173.

License

Copyright (c) 2023 Lala Puji Ziadini Insani, Nurhasanah, I Made Suwasa Astawa, Ika Rachmayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).