Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Authors

Nunung Qomariyanti , Ida Ermiana , Husniati

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2818

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Media Pembelajaran, Buku Ceita Bergambar, Flipbook, Hasil Belar, Ilmu pengetahuan Sosial.

Articles

Downloads

How to Cite

Qomariyanti, N. ., Ermiana, I. ., & Husniati. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 178–184. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2818

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar flipbook yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi pahlawanku tema 5 subtema 1 pembelajaran 1. Jenis penelitian ini ialah penelitian R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan penelitian, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SDN 1 Tolowata, Kecamatan Ambalawi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data porsen kelayakan. Pengembangan media buku cerita bergambar flipbook telah dilakukan uji kelayakan dan keefektifan. Kelayakan media buku cerita bergambar flipbook berdasarkan penilaian dari validator ahli media mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 83,3%, penilaian dari ahli materi mendapat kriteria layak dengan rerata presntase 77,4%. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu uji coba lapangan kelompok kecil berdasarkan respon 6 orang siswa mendapatkan kriteria sangat layak dengan rerata presentase 92,4%, hasil uji coba lapangan kelompok menengah berdasarkan respon 9 orang siswa mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 92% dan hasil uji coba lapangan kelompok besar berdasarkan respon 12 orang siswa mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 93,3%. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa rerata skala I 90, skala II 100 dan skala III 100. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar flipbook dikategorikan efektif.

References

A Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer. Ahmad, Z.A. (2012). P

Agip, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung : Yrama

A.M. Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chandra, Rustika. 2016. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan SosialSiswa Kelas IV Sekolah Dasar IslamAs-Salam Malang.( Skripsi), Jurusan Pendidikan Guru Masdrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (http://etheses.uin-malang.ac.id/4099/1/12140086.pdf Di akses 13 Agustus 2020)

Ermiana, I., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2019). Pengembangan Media Berdasar Komputer (CBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III di SDN 12 Ampenan. In Prosiding seminar nasional pagelaran pendidikan dasar nasional (ppdn) (pp. 297–303).

Haris Mudjiman. (2007). Belajar MAndiri (Self- motivated learning) . Surakarta: UNS Press.

Januszewski A. and Molenda M. 2008. Educational Technology A Definition with Commentary. Lawrence Erlbaum Associates Taylor & Francis Group 270 Madison Avenue New York, NY 10016.

Sanjaya, wina. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : prenada media group

Sapriya. (2009) Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya

Sudaryono, Gaguk Margono, Wardani Rahayu, Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta:Graha Ilmu, 2013), h. 50

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sumantri, numan. (2001). Pembaharuan pendidikan ips. Bandung : rosda karya.

Susanto, ahmad. (2014). Pengembangan pembelajaran ips di sekolah dasar. Jakarta: prenadamedia group.

TIM P2M LPPM UNS. (2010). Pengembangan E-Module. Surakarta: http://nurma.staff.uns.ac.id. Diakses pada tanggal 14 Juni 2015

License

Copyright (c) 2023 Nunung Qomariyanti, Ida Ermiana, Husniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).