Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IVA SDN 32 Cakranegara

Authors

Yusrin , I. Nyoman Karma , Mansur Hakim

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.2820

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Kesulitan, Belajar, Bahasa Indonesia.

Articles

Downloads

How to Cite

Yusrin, Karma, I. N. ., & Hakim, M. . (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IVA SDN 32 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 1–11. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2820

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar bahasa indonesia peserta didik kelas IVA SDN 32 Cakranegara, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA  dan walim kelas IVA SDN 32 Cakranegara. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawacara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis menggunakana, model miles dan humberman, kondesasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian 1. di lihat dari 6 peserta didik yang menggalami kesulitan belajar bahasa indonesia 2. Jenis keulitan belajar bahasa Indonesia, pertama dilihat  keterampilan menulis terdapat 1 orang peserta didik yang memiliki kesulitan belajar bahasa Indonesia, kedua dilihat dalam keterampilan membaca terdapat 1 orang peserta didik yang memiliki kesulitan belajar bahasa Indonesia, ketiga dilihat dalam keterampilan menyimak terdapat 2 orang peserta didik yang memiliki kesulitan belajar bahasa indonesia dan yang terakhir berbicara terapat 2 orang peserta didik yang memiliki kesulitan belajar bahasa Indonesia. 3. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar bahasa indonesia peserta didik kelas IVA SDN 32 Cakranegara yaitu: 1. faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri peserta didik yang mencakup kurangnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa indonesia, motivasi belajar yang rendah, acuh ta acuh saat belajar dan dan kondisi kesehatan peserta didik, 2. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri peserta didik yang mencakup kurangnya perhatian orang terhadap perkembanggan belajar peserta didik, lingkungan tempat tingal, teman sebaya dan suasana rumah yang ribut sehingga peserta didik tidak bisa menggfokuskan saat belajar.

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi belajar, PT. Jakarta: Rineka Cipta.

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Aulia, C., Intiana, S. R. H., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 58-61.

Azriansyah, A., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Hambatan Guru Dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 32 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 262-269.

Chyalutfa, U., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Literasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 82-86.

Dalyono M. (2015). Psikologi pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Fathurahman (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Vc Pustaka Satia

Mabruria. A, (2021) Konsep Diagnosi Kesulitan Belajar Dalam Proses Pembelajaran:E-Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, h 85-87

Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musadda Syaiful t. (2015). Pendidikan Bahasa &Sastra Indonesia Kelas Tinggi. Mataram: Fkip Universitas Mataram.

Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55-62.

Ni Putu Listya Dewi Lestari , I Gede Meter , I Gusti Agung Oka Negara. (2015) Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013:e-Journal PGSD.h 1-2.

Pastrosastro Koester dan Hadiuparto. A,1978 Diagnosa Pemecahan Kesulitann Belajar . Jakarta: Erlangga.

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan metode storytelling untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199-207.

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Singgih D. Gunarsa. (2000) Pisikologi Praktik Anak, Remaja Dan Keluarga.jakarta: gunung mulia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan 3R&D. Bandung: Alfabeta.

Author Biography

Yusrin, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Yusrin, I. Nyoman Karma, Mansur Hakim

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).