Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik

Authors

Dian Nawawulan , Siti Istiningsih , Baiq Niswatul Khair

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2822

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Cooperative Integrated Reading and Composition, Kemampuan Membaca pemahaman, SDN 07 Woja

Articles

Downloads

How to Cite

Nawawulan , D. ., Istiningsih, S. ., & Khair, B. N. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2822

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya ialah penggunaan model pembelajaran yang masih kurang variatif, guru masih menggunakan model konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)  terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 07 Woja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Desagn dengan  tipe Non Equivalen Control Group Design. Populasi dalam peneliatian ini adalah seluruh perserta didik kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan peserta didik kelas V B SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t-test dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil nilai sig adalah 0,001 dengan kaidah keputusan jika nilai probabilitas sig 2-sides < 0,05 maka diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik Kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu.

References

Abustang, Bte, P., Jusmawati., & Megawati. (2020). Peran pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Celeberes Education Review. 2 (2). 45-48.

Apriani, W., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN 3 Ketapang Raya. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 46-50.

Febrianto, Budi. (2016). Penerapan model cooperative integrated reading and composition dalam pembelajaran keterampulan membaca pemahaman. Jurnal Cakrawala Pendas. 2 (2).

Hewi, La & Shaleh, Muh. 2020. Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age. 4(1). 31-35.

Ihsanda, Anggreni, B., Darmiany., & Khair Niswatul B. 2022. Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas II di MI raodatul jannah al ma’arif. Journal of Classroom Action Research. 4(4), 28.

Khasanah, Aan., & Cahyan, Isah. (2016). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi question answer relationships (QAR) pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. 4(2), 162.

Mardiah, D., & Al-Hamdani, M. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integratide Reading And Composition Terhadap Perilaku Sosial Dan Spiritual Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 5(1).

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, R, A. 2018. Penerapan metode CIRC (cooperative integrated reading and composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3(1). 23.

Nurlelah., Istiningsih, S,. & Setiawan, H,. (2022). Hubungan minat baca terhadap kemampuan membaca pemhaman pada cerita fiksi siswa kelas V SDN gugus 5 cakranegara. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). 8 (1). 801.

Pratita, Ika, I. 2017. Pengembangan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman (DOKKAI) mahasiswa jurusan bahasa dan sastra jepang universitas negeri surabaya. Jurnal Asa. 4. 34.

Putri, W, S, T,. Gunayasa, Kade, B, I,. & Affandi, H, L,. (2022). Hubungan kecerdasan verbal linguistik dengan pemahaman membaca teks narasi peserta didik. Journal of Classroom Action Research. 4 (2), 116.

Rahmadani, Mila., Lesmono, Djoko, A., & Subiki. (2014). Model kooperative tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) disertai lembar kerja siswa (LKS) berbasis pemecahamn masalah dalam pembelajaran fisika di sma. Jurnal Pendidikan Fisika. 3 (2), 124.

Sari, Yuliana., Syahrul, R., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan antara keterampulan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 7(3), 447.

Surawan. 2019. Peningkatan motivasi dan prestasi belajar PAI menggunakan model pembelajaran pakem pada siswa kelas VI SD muhammadiyah sumbermulyu batul yogyakarta. Journal of Classroom Action Research. 1(1). 24.

Tusfiana, Ayu, I., & Trynasari, Dewi. (2020). Kesulitan membaca pemahaman siswa SD. Jurnal Konferensi Ilmiah Dasar. 2, 79.

Widodo, A., Idraswati, D., Erfan, M., Maulyda, A, M., & Rahmatih, N, A. (2020) Profil minat baca mahasiswa baru PGSD universitas mataram. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 10 (1), 35

License

Copyright (c) 2023 Dian Nawawulan , Siti Istiningsih, Baiq Niswatul Khair

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).