Analisis Gaya Mengajar Guru Kaitan Dengan Motivasi Belajar Siswa

Authors

Suciyati , Muhammad Tahir , Baiq Niswatul Khair

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2824

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Gaya Mengajar, Guru, Motivasi Belajar Siswa

Articles

Downloads

How to Cite

Suciyati, Tahir , M., & Khair, B. N. . (2023). Analisis Gaya Mengajar Guru Kaitan Dengan Motivasi Belajar Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(1), 202–209. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2824

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya mengajar guru kaitan dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 1 Gerung Selatan dan objek penelitian yaitu gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji triangulasi yang terdiri data triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya kaitan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Saat proses pembelajaran guru menggunakan kolaborasi atau gabungan gaya mengajar. Gaya mengajar yang di gunakan yaitu gaya mengajar klasik, gaya mengajar teknologis, gaya mengajar personalisasi dan gaya mengajar interaksional. Dari keempat gaya mengajar tersebut guru menggabungkannya dalam proses pembelajaran di mana guru berusaha menyesuaikan kebutuhan siswa saat proses belajar mengajar agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan dapat membangkitkan motivasi siswa. Motivasi sangat penting dalam proses pembelajaran. Motivasi yang di miliki siswa kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan tergolong cukup baik, karena dari hasil observasi dan wawancara siswa sudah memenuhi beberapa indikator motivasi belajar dalam proses pembelajaran.

References

Ayu, G. F. L., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–79. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7876

Berlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 2 Pasal 3.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Heri Setiawan, dkk. 2020. Analisis Kendala Guru di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Vol 20 (2). http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4704.

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271. Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.

Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Makrufah, Siti Nahiyatul. 2020. Analisis Kesulitan Guru Matematika MTS Pangeran Diponegoro Salaman Tahun Pelajaran 2019/2020 Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Selama Masa Pandemic Virus Corona. (Skirpsi, IAIN Salatiga). http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9480/.

Pratiwi, Dian Anggi. 2018. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Matematika Murid SDN 166 Turucinnae Kabupaten Bone. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makkasar). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/6513-Full_Text.pdf.

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatifitas, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Putri, Vera Novita Sari. 2021. Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 Muatan IPS Kelas 4 SDN 1 Kebondalem Kidul. (Skripsi, Universitas Sarjawinata TamanSiswa). https://repository.ustjogja.ac.id/docload/strategi-guru-dalam-menumbuhkan-motivasi-belajar-siswa-pada-masa-6446052.

Rachmawati, Tutik & Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. El Midad, 10(2), 98-111.

Rahmat, Hery & Miftahul Jannatin. 2018. Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris..ẽl-Midad.Jurnal.Jurusan.PGMI,.10.(2),.99. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/775/436.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rizqi, A. A., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar - The Factors That Influence Students ’ Learning Motivation. Jurnal FKIP Universitas, 6(2), 1–14.

Sardiman. 2018. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D dan Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198.

Tahir, Muhammad, dkk. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Budaya Guru Muatan Lokal Dalam Mendukung Gerakan Literasi Nasional di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Mataram. Journal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Vol 5 (11). https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/3395.

License

Copyright (c) 2023 Suciyati, Muhammad Tahir , Baiq Niswatul Khair

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).