Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Mind Mapping Materi Debit Siswa

Authors

Sri Hidrolaksmi , Safruddin , Awal Nur Kholifatur Rosyidah

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.2849

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Buku Saku, Matematika, Mind Mapping, Debit, ADDIE

Articles

Downloads

How to Cite

Hidrolaksmi, S. ., Safruddin, & Rosyidah, A. N. K. . (2023). Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Mind Mapping Materi Debit Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 243–248. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2849

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan buku saku matematika berbasis mind mapping pada materi debit serta untuk mengetahui kelayakan buku saku matematika berbasis mind mapping materi debit menurut penilaian validator. Penelitian ini merupakan R & D (Reserch And Development) dengan model pengembangan versi ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis validasi ahli yang merupakan masukan, tanggapan, kritikan, dan saran digunakan sebagai acuan dalam memperbaiki bahan ajar. Sedangkan untuk data kuantitatif, yaitu data berupa skor hasil penelitian bahan ajar oleh validator. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media dengan hasil penelitian masing-masing adalah 81% dan 83% artinya penilaian buku saku matematika berbasis mind mapping sangat layak untuk digunakan. Tahap selanjutnya implementasi yaitu melakukan uji coba produk berupa buku saku matematika berbasis mind mapping. Uji coba ini dilakukan kepada 5 orang siswa kelas V. Siswa di kelas belajar matematika materi debit menggunakan buku saku berbasis mind mapping dengan prosedur pembelajaran yang ditetapkan antara lain: melakukan apersepsi, menjelaskan materi pokok, meminta siswa membuka buku saku matematika untuk memperhatikan peta konsep, kemudian menjelaskan garis besar materi debit yang dibagi jadi dua, meminta siswa untuk menyebutkan beberapa sub dari volume dan debit secara bergantian. Penjelasan materi sesuai, selanjutnya menjelasan lebih dalam dari sub-sub materi seperti karakteristik masing-masing volume, bangun ruang, kubus, balok, tabung, yang dilanjutkan dengan pembahasan cara menghitung debit. Tahap terakhir yaitu Evaluation yang dimaksudkan untuk mengetahui implementasi yang sudah dilakukan di sekolah dan mengetahui kualitas buku saku yang dikembangkan. Evaluasi buku saku sudah mendapat kategori sangat layak dari penilaian validator ahli materi dan ahli media.

References

Ahmad, F., & Turmuzi, M. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 127-136.

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darusman Rijal. (2014). Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika: Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Smp. STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No 2.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hikmah, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 106-110.

Kinastiasih, Anggira, Risma. (2013). “Pengembangan Pocket Book berbasis PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswaâ€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Masita, Mariana., & Wulandari. (2018). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kreatif. Vol 8 No. 2: 191-198.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rayanto, Yudi & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute

Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol 6 Nomor 3.

Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktf Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Progres Pendidikan, Vol 2 No 1.

Safri, Meilia. dkk. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(1) :107-113.

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 61-70.

Saputra, Y. P., Wulandari, N. P., & Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 85-94.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhendrianto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Min Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar (Tesis). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Turmuzi, M. (2017). Pembelajaran Matematika SD. Mataram: Universitas Mataram.

Wiyani, N. A., (2014). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Sri Hidrolaksmi, Safruddin, Awal Nur Kholifatur Rosyidah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).