Keefektifan Pelaksanaan E-Learning Pada Mata Pelajaran Biologi
DOI:
10.29303/jcar.v5i2.2868Published:
2023-05-17Issue:
Vol. 5 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
E-learning, Biologi, Pasca Pandemi Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pandemi covid-19 mengharuskan pemerintah Indonesia untuk melakukan beberapa tindakan sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19, seperti belajar di rumah saja dengan menggunakan e-learning. Pembelajaran e-learning diharapkan dapat berjalan dengan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan e-learning pada mata pelajaran biologi terhadap hasil belajar siswakelas XI IPA MAN 2 Mataram pada masa pandemi covid-19 tahun 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan IPAdi MAN 2 Mataram. Sampel dalam penelitian ini menggunakan keseluruhan populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 288 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan e-learning pada mata pelajaran biologi terhadap siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram pada masa pandemi covid-19 tahun 2021/2022 termasuk kedalam kriteria efektif berdasarkan rata-rata persentase skor yakni sebesar 68%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pelaksanaan e-learning terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,009.
References
Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. G. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, VIII (2), 150-157.
Alimudin, D. (2015). Intensitas Penggunaan E-Learning dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana di Universitas Hasanuddin. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(2).
Astuti, C. C., Sari, H. M., & Azizah, N. L. (2019). Perbandingan Efektivitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Preceeding of The ICECRS, 2(1), 35-39.
Dhani, A. R. (2021). Efektivitas E-Learning Madrasah dalam Pembelajaran Biologi di MAN 3 Jombang. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 127-133.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18-26.
Hidayat, N. A. (2015). Yuk Belajar Efektif. Wonogiri: ANH Books.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language and Literature, 3(1).
Lubis, R. S., Sari, R. F., & Cipta, H. (2017). Efektivitas Pembelajaran Model Grasha-Riechmann Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasi.
Nisa, K, L., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 6 Samarinda. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 21-30.
Pratiwi, S., Wiyono, K., & Zulherman, Z. (2020). Pengembangan E-Learning Materi Hukum Newton Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 172-185.
Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.
Rizanti, W. N., Jufri, A. W. & Jamaluddin. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1).
Safitri, N. A., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan tambusai, 5(2), 4021-4031.
Sahidin., Desimarnis., Rusdinal., & Gistituati, Nurhizrah. (2021). Efektivitas Penerapan Kebijakan E-Learning Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2626-2637.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Pratik. Bandung: Nusa Media.
Sutini., Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-Learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(2), 124-136.
Syaifudin, A. F. (2018). Pegukuran Tingkat Kesiapan Penerapan E-Learning di SMKN 1 Banyumas. Bandung: Alfabeta.
Syarifudin, S. A. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Guruan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1).
WHO. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Situation Report. [Online] Availble at: http://who.int.
Yulita, H. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas dan Motivasi Mahasiswa dalam Menggunakan Metode Pembelajaran E-Learning. Business & Management Journal Bunda Mulia, 10(1), 106-119.
License
Copyright (c) 2023 Anisa Salsabila Fitria, Agus Ramdani, Gito Hadiprayitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).