Validitas Modul Elektronik Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Dan Pemahaman Konsep IPA

Authors

Ayudya Lestari , Agus Ramdani , Imam Bachtiar

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2870

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Modul Elektronik, Argumentasi Ilmiah, Pemahaman Konsep, IPA, Model ADDIE

Articles

Downloads

How to Cite

Lestari, A. ., Ramdani, A. ., & Bachtiar, I. . (2023). Validitas Modul Elektronik Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Dan Pemahaman Konsep IPA. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 137–143. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2870

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik materi zat aditif dan zat adiktif berbasis socio-scientific issues (SSI) yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah dan pemahaman konsep IPA. Pengembangan modul elektronik mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implementation, And Evaluation) yang dibatasi sampai tahap develop.Uji validitas melibatkan validator ahli materi dan media, validator ahli bahasa, dan validator praktisi. Modul elektronik dikembangkan menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket validasi. Teknik analisis data menggunakan persamaan persentase. Data hasil analisis diinterpretasikan berdasarkan kriteria validasi. Hasil validasi modul elektronik memperoleh rata-rata persentase sebesar 87,14% pada aspek materi dan 86,00% pada aspek media dengan kriteria sangat layak. Aspek bahasa memperoleh rata-rata persentase sebesar 93,33% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi guru menunjukkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan memperoleh rata-rata persentase sebesar 85,71% pada aspek materi dan 86,00% pada aspek media dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, modul elektronik materi zat aditif dan zat adiktif berbasis SSI sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas

References

Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar IPA terpadu bermuatan literasi era digital untuk pembelajaran peserta didik SMP kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 1-8.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Cetin, P. S. (2014). Explicit argumentation instruction to facilitate conceptual understanding and argumentation skills. Research in Science & Technological Education, 32(1), 1-20.

Chen, L., & Xiao, S. (2021). Perceptions, challenges and coping strategies of science teachers in teaching socioscientific issues: A systematic review. Educational Research Review, 32, 100377.

Dawson, V., & Carson, K. (2020). Introducing argumentation about climate change socioscientific issues in a disadvantaged school. Research in Science Education, 50(3), 863-883.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management system berbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hendri, S., & Defianti, A. (2015). Membentuk keterampilan argumentasi siswa melalui isu sosial ilmiah dalam pembelajaran sains. Prosiding Simposium Inovasi dan Pembelajaran Sains 545-548.

Herawati, N. S. (2020). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI IPA SMA. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 57-69.

Khairani, S., Asrizal, A., & Amir, H. (2017). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu berorientasi pembelajaran kontekstual tema pemanfaatan tekanan dalam kehidupan untuk meningkatkan literasi peseta didik kelas VIII SMP. Pillar of Physics Education, 10(1), 153-160.

Macmillan Reference Library. (2002). Encyclopedia of Education (8 Volumes) 2nd Edition.United State of America: Macmillan Reference USA, ISBN: 978-0028655949.

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.

Muliati., Ramli., & Muthmainnah. (2021). Current research in ELT: 16 writers from three different countries. Jawa Timur: CV. Prima Putra Pratama.

Mulyasari, E., Yuliani, Y., & Dewi, S. K. (2020). Keefektifan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis guided inquiry pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan keterampilan argumentasi. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 186-192.

Nida, S., Mustikasari, V. R., & Eilks, I. (2021). Indonesian pre-service science teachers' views on SSIbased science learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(1), 1-11.

Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021). Pengembangan e-modul berbasis software ispring suite 9. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 47-54.

Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a digital teaching module based on mathematical communication in relation and function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223-236.

Rahimah, R. (2022). Peningkatan kemampuan guru SMP negeri 10 kota tebingtinggi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106.

Rahman, A., Heryanti, L. M., & Ekanara, B. (2019). Pengembangan modul berbasis education for sustainable development pada konsep ekologi untuk siswa kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 1-8.

Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2022). Pengembangan elektronik modul pada mata pelajaran ipa materi pencemaran lingkungan berbasis inkuiri. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 87-91.

Subiantoro, A. W., & Ariyanti, N. A. (2013). Pembelajaran materi ekosistem dengan SSI dan pengaruhnya terhadap reflective judgment peseta didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 41-47.

Zahra, F., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Astriani, M. (2021). The improvement of students’ argumentation skills through Remap-NHT learning model. In AIP Conference Proceedings, 2330(1), p. 030036.

License

Copyright (c) 2023 Ayudya Lestari, Agus Ramdani, Imam Bachtiar

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).