Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik
DOI:
10.29303/jcar.v5i1.2925Published:
2023-05-17Issue:
Vol. 5 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
Project Based Learning (PjBL), Literasi Sains, Model pembelajaran.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Kopang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Metode pendekatan eksperimen pada penelitian ini adalah quasy experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kopang. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang berjumlah 58 orang. Pengumpulan data literasi sains menggunakan instrumen tes berupa multiple choice. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Anacova. Uji Anacova didapatkan hasil bahwa nilai Fhitung > Ftabel atau 7,543 > 2,380 yang dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, model project based learning memberikan pengaruh signifikan terhadap literasi sains peserta didik di SMA Negeri 1 Kopang tahun ajaran 2022/2023.
References
Anafi, N., & Agustina, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Calon Pendidik yang Bebudaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1):1-10.
Dewi, P. Y. A. (2019). Gerakan Membaca Di Awal Pembelajaran Guna Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information And Modeling , 53(9):77-85.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah., S. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1):709-716.
Giriyanti, P., R. Ading. P., & Milla L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Ekosistem kelas X SMA. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi, 1(1):1-8.
Hasibun, F. A. (2009). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 01 Ciputat Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hiasa, F., & Supadi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matakuliah Sastra Bandingan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Diksa, 6 (1):1-11.
Irmita, L., & Atun, S. (2018). The Influence of Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Approach on Science Literacy and Sosial Skils. Journal of Turkish Science Education, 15(3): 27-40.
Lukman, L. A., Martini, K. S., & Utami, B. (2015). Efektifitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) disertai Media Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid di Kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. (2015). Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1):113-119.
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.
Munandar. 2009. Pengembangan Kretivitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraini, & Waluyo, E. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), (5)1:101-111.
OECD. (2014). PISA 2012 Result and Focus. Programme for Internasional Student Assessmement.1-44. http://doi.org/10.1787/9789264208070-en.
OECD. (2015). PISA 2015 Results. OECD.
Organisation for Economic Cooperation and Development. (2016). PISA 2015
Result (Volume I). Excellence Equity in Education. Paris: Organisation for
Economic Cooperation and Development Publishing.
Pratiwi, S. N., C Cari, & N. S. Aminah. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9 (1):34-42.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Sandi, N. V. (2018). Penerapan Model Project Based Learning melalui Pembelajaran Drama dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 3(1):21-26.
Setiawan, A. R. (2020). Menyusun Instrumen Penilaian Untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajarannya ke-4; 241-249.
Sholehah, N. (2022). Lesson Study: Penerapan STAD Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan keterampilan Proses Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 6-10.
Suroso. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SD No 5 Bandung. Skripsi. Bandung: UPI.
Wardana, I. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Kontekstual Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Sains pada Siswa Kelas IV SD Gugus V Dr. Soetomo. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1(3): 14-25.
Wijanarko, A. G., Supardi, K., & Marwoto. (2017). Keefetifan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2):120-125.
Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2):21-28.
License
Copyright (c) 2023 Kamariah, Muhlis, Agus Ramdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).