Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi Keanekaragaman Hayati Dengan Bantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v5i2.2938Published:
2023-05-25Issue:
Vol. 5 No. 2 (2023): MeiKeywords:
Model pembelajaran Treffinger, Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar BiologiArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Model treffinger memberikan kegiatan belajar dengan tiga tahapan yaitu basic tools, practice with process, dan working with real problem. Ketiga tahapan tersebut dapat membuat siswa terlibat secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran treffinger pada materi keanekaragaman hayati dengan bantuan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian menggunakan Quasi Exsperimrntal Design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada siswa X MIPA SMAN 8 Mataram yang terdiri dari 56 orang yakni siswa X MIA 3 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 5 (kelas control). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif siswa yang terdiri dari pretest dan posttest yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lembar observasi afektif dan psikomotorik digunakan untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Hasil analisis dilakukan dengan uji –t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,976 lebih besar dari tTabel 2,048. Hasil analisis tersebut dapat dinyatakan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa berpengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran treffinger  terhadap hasil belajar Biologi siswa di SMAN 8 Mataram.
References
Akbar, P. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal JP2EA. 1(1). https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/111?articlesBySameAuthorPage=3
Andri, S. (2022). Studi Perbandingan Model Pembelajaran Treffinger Dan Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas Viii Mts Negeri 1 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Giri, M. (2007). Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Trans Media Pustaka.
Graesser, A. (2017). Design Recommendations for intelligent Tutoring Systems. Orlando, FL: Army Research Laboratory. https://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/article/view/1241
Huda, M . (2013). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Juanti, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal TATSQIF. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/29
Juanti, L., Santoso, B., & Hiltrimartin, C. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran treffinger. Jurnal Tatsqif, 14(2), 198-217.
Layali, N. K., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137-144.
Leighbody, G. B., & Kidd, D. M. (1968). Methods Of teaching shop and technical subjects. Delmar.
Nawawulan, D., Siti Istiningsih., & Baiq Niswatul Khair. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik . Journal of Classroom Action Research. 5 (1) .
Netti, F. ( 2017) . Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Materi Tata surya Melalui Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IX SMPN 2.
Nisa, S. (2011). Media Pembelajaran . Jakarta : PT Raja Grafindo.
Noer, M. (2014). Peningkatan hasil belajar keterampilan psikomotorik fisika melalui penerapan pembelajaran kreatif model pembelajaran treffinger pada peserta didik kelas X. A2 MA Darel Hikmah Pekanbaru: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Riau.
Purnama & Asto. (2014). Pengembangan media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Sofwer Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEL 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo . Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/42644/36650
Putri, A., Asrin ., & Heri Setiawan. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research.Jppipa. Unram. 4 (2) .
Rahmawati, L . (2015). Pengaruh Model Pembelajaran treffinger terhadap kreativitas dan hasil belajar suhu dan kalor peserta didik.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Ridhiyani, S. (2022). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar kerja Siswa dan Pengaruh terhadap Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Of Education . 5(1).
Rizanti, w., Wahab jufri & Jamaluddin. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research. 5(1).
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan Pertama. Jakarta: PT . Kharisma Putra Utama.
Sari, N. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dengan Bantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VII SMP Frater Makassar Application Treffinger Model with Audio Visual Media to Increase Activity and Stu. Jurnal Sainsmat, 2, 167-174.
Shoimin, A .(2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta: Gava Media.
Wahab, A. (2010). Pengantar Analisis Kebijakan Publik . Malang : Press.
License
Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Sugiartini , Mahrus, Kusmiyati, Khairuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).