Vol. 5 No. 2 (2023): Mei
Open Access
Peer Reviewed

Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi Keanekaragaman Hayati Dengan Bantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

Ni Nyoman Sugiartini , Mahrus , Kusmiyati , Khairuddin

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.2938

Published:

2023-05-25

Downloads

Abstract

Model treffinger memberikan kegiatan belajar dengan tiga tahapan yaitu basic tools, practice with process, dan working with real problem. Ketiga tahapan tersebut dapat membuat siswa terlibat secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran treffinger pada materi keanekaragaman hayati dengan bantuan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian menggunakan Quasi Exsperimrntal Design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada siswa X MIPA SMAN 8 Mataram yang terdiri dari 56 orang yakni siswa X MIA 3 (kelas eksperimen) dan kelas X MIA 5 (kelas control). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif siswa yang terdiri dari  pretest dan posttest yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lembar observasi afektif dan psikomotorik digunakan untuk mengukur aktivitas belajar siswa.  Hasil analisis dilakukan dengan uji –t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung  4,976  lebih besar dari tTabel 2,048. Hasil analisis tersebut dapat dinyatakan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa berpengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran treffinger  terhadap hasil belajar  Biologi siswa di SMAN 8 Mataram.

Keywords:

Model pembelajaran Treffinger, Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar Biologi

References

Akbar, P. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal JP2EA. 1(1). https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/111?articlesBySameAuthorPage=3

Andri, S. (2022). Studi Perbandingan Model Pembelajaran Treffinger Dan Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas Viii Mts Negeri 1 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Giri, M. (2007). Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Trans Media Pustaka.

Graesser, A. (2017). Design Recommendations for intelligent Tutoring Systems. Orlando, FL: Army Research Laboratory. https://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jehss/article/view/1241

Huda, M . (2013). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Juanti, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal TATSQIF. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/29

Juanti, L., Santoso, B., & Hiltrimartin, C. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran treffinger. Jurnal Tatsqif, 14(2), 198-217.

Layali, N. K., & Masri, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137-144.

Leighbody, G. B., & Kidd, D. M. (1968). Methods Of teaching shop and technical subjects. Delmar.

Nawawulan, D., Siti Istiningsih., & Baiq Niswatul Khair. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik . Journal of Classroom Action Research. 5 (1) .

Netti, F. ( 2017) . Peningkatan Kompetensi Siswa Pada Materi Tata surya Melalui Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IX SMPN 2.

Nisa, S. (2011). Media Pembelajaran . Jakarta : PT Raja Grafindo.

Noer, M. (2014). Peningkatan hasil belajar keterampilan psikomotorik fisika melalui penerapan pembelajaran kreatif model pembelajaran treffinger pada peserta didik kelas X. A2 MA Darel Hikmah Pekanbaru: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Purnama & Asto. (2014). Pengembangan media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Sofwer Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X TEL 1 Di SMK Negeri 2 Probolinggo . Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 3(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/42644/36650

Putri, A., Asrin ., & Heri Setiawan. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal of Classroom Action Research.Jppipa. Unram. 4 (2) .

Rahmawati, L . (2015). Pengaruh Model Pembelajaran treffinger terhadap kreativitas dan hasil belajar suhu dan kalor peserta didik.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Ridhiyani, S. (2022). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar kerja Siswa dan Pengaruh terhadap Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Of Education . 5(1).

Rizanti, w., Wahab jufri & Jamaluddin. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research. 5(1).

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan Pertama. Jakarta: PT . Kharisma Putra Utama.

Sari, N. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dengan Bantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VII SMP Frater Makassar Application Treffinger Model with Audio Visual Media to Increase Activity and Stu. Jurnal Sainsmat, 2, 167-174.

Shoimin, A .(2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 . Yogyakarta: Gava Media.

Wahab, A. (2010). Pengantar Analisis Kebijakan Publik . Malang : Press.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Sugiartini , N. N. ., Mahrus, Kusmiyati, & Khairuddin. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Pada Materi Keanekaragaman Hayati Dengan Bantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 34–39. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2938