Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v5i2.3023Published:
2023-05-25Issue:
Vol. 5 No. 2 (2023): MeiKeywords:
Hasil belajar, klasifikasi, lingkungan sekolah, sumber belajar.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 5 Mataram pada materi klasifikasi makhluk hidup. Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup dapat mempermudah siswa menyerap bahan pelajaran, lebih mengenal kondisi lingkunganya, mengetahui lingkungan sebagai sumber belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti melaksanakan penelitian dengan dua kelas, satu kelas menjadi kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Mataram dengan sampel siswa kelas VII A dan VII B yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan rata-rata nilai hasil post-test kelas eksperimen 74,2 dengan kategori baik sedangkan kelas kontrol yaitu 65,6 kategori baik. Hasil analisis data thitung>ttabel yaitu sebesar (3,774>2,449) dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi pada materi klasifikasi makhluk hidup berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran di dalam kelas.
References
Anggriana, M., Jamaluddin., Zulkifli, L., & Handayani, S. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Negeri 2 Labuapi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 127-133.
Apriliani, S., Tri P.S, & Dwi Y.B. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Mater Klasifikasi Makhluk Hidup. Seminar Nasional Pendidikan Fisika. 4(1), 39-42.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Dewi, R. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(1), 5-11.
Dwianti, I.N, Rekha R.J, & Ega T.R. (2021). Pengaruh Media Powerpoint Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 7(4), 675-680.
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Haryati, D. (2016). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makasar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 3(2), 80-96.
Irmayani., Ramdani, A. R., & Setiadi, D. S. (2022). Validitas E-Modul Terintegrasi Pendekatan STEM Berorientasi PBL pada Pembelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 92-97.
Irwandi. & Hery F. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMA Di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. 1(2), 66-73.
Khanifah, S. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Biology Education. 1(1), 66-73.
Kristyowati, R., & Agung P. (2019). Pembelajaran Litearsi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(2), 183-191.
Miftakhul. (2011). Efektivitas Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Materi IPA Pokok Bahasan Ekosistem Pada Kelas VII SMPN 2 Pringapus Kabupaten Semarang Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal MIPA. 1(2), 15-23.
Nugroho, R. A. (2018). HOTS: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilian, Dan Soal-Soal. Jakarta: Grasindo.
Nurvita., & Desi I. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Kelas Yang Menggunakan Metode Outdoor Study Dan Metode Ekspository Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1banawa Kabupaten Donggala. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 17(1), 66-80.
Permatasari, D. R., Jamaluddin., & Zulkifli, L. (2022). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dengan Hasil Belajar Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 134-140.
Rosita, K. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada ata pelajaran IPA di sekolah dasar. Skripsi.
Slameto. (2012). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Metode Pembelajaran. Bandung: Tarsito.
Susanti, N.D. (2013). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dengan Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD. 1(2), 1-11.
Syamsudduha. & Rafi. (2012). Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Lantera Pendidikan. 15 (1), 18-31.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
License
Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Nopiantari Sasmita, Mahrus, Tri Ayu Lestari, Syamsul Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).