Penggunaan Media Plastisin Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6

Authors

Melsya Raodatul Kholbu , I Made Suwasa Astawa , Nurhasanah , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3038

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Media Plastisin, Kemampuan Motorik Halus, Penelitian Tindakan kelas.

Articles

Downloads

How to Cite

Kholbu, M. R. ., Astawa, I. M. S. ., Nurhasanah, & Rachmayani, I. . (2023). Penggunaan Media Plastisin Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 117–122. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3038

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui penggunaan media plastisin di TKN 1 Batulayar. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 10 anak TKN 1 Batulayar, yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media plastisin mampu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Hal ini ditunjukkan pada tindakan siklus I capaian kemampuan motorik halus anak diperoleh sebesar 51% dengan kriteria Masih Berkembang (MB) kemudian pada tindakan siklus II mengalami peningkatan menjadi 75% kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media plastisin dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B2 di TKN 1 Batulayar dan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan dalam menstimulasi perkembangan motorik halus anak.

References

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53

Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada AUD melalui Kegiatan Bermain Konstruksi Plastisin Bentuk Huruf Kelompok B RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).Igrea suswanto (2012) Asik Bermain Plastisiin. Jakarta,andi publisher.

Fitriani, A., & Hasanah, U. (2022). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak melalui Media Plastisin. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(02), 94-111. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Insani, L. P. Z., Astawa, I. M. S., & Rachmayani, I. (2023). Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 48-55.

Madyawati, L., Mariana, S., Zubaidah, E., Kemendikbud, R. I., Putra, A. Y., Yudiernawati, A., ... & Arifa, T. R. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD Teratai, 5(2), 62-9.

Nuareni, I., Nuriska, S., & Fitrunnisa, S. (2023). Permainan Lilin Plastisin Sebagai Stimulasi Motorik Halus Anak dalam Persiapan Menulis. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(3), 155-163.

Nurani, Y., & Mayangasri, T. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 386-400.

Oktaviani, S., Priyantoro, D. E., & Hasanah, U. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PLASTISIN DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS DI KB NURUL ARIF. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education: IJIGAEd, 2(1), 31-53.https://www.journal.ptiq.ac.id/index.php/elathfal/article/download/833/282

Rahmatiana, F., Astawa, I. M. S., Fahruddin., & Rachmayani, I. (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamidy Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rochimah, N., & Suryadi, S. (2018). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Belajar Mandiri Mahasiswa. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 7-12.

Rochimah, N., & Suryadi, S. (2018). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Belajar Mandiri Mahasiswa. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 7-12.

Rohmah, S. K., & Gading, I. K. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 204-213.

Septiari, B. B. (2012). Mencetak balita cerdas dan pola asuh orang tua. Yogyakarta: Nuha Medika, 163-174.

Triani, Rohyana, & Rabihatun Adawiyah. (2018). "Perkembangan fisik motorik anak usia dini." Jurnal Golden Age. Vol 2 No. 01, hlm 25-34

Watulingas, H. F., & Wantah, M. E. (2021). Permainan Plastisin untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelas B TK Cahaya Kasih Modayag. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.33474/thufuli.v3i1.10867

License

Copyright (c) 2023 Melsya Raodatul Kholbu, I Made Suwasa Astawa, Nurhasanah, Ika Rachmayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).