Pengaruh Brain Gym (Senam Otak) terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Tonjer Tahun Akademik 2022/2023

Authors

Baiq Senja Juliana , Lalu Hamdian Affandi , Awal Nur Kholifatur Rosyidah

DOI:

10.29303/jcar.v5i3.3047

Published:

2023-08-01

Issue:

Vol. 5 No. 3 (2023): Agustus 2023

Keywords:

Motivasi Belajar, Brain Gym (Senam Otak).

Articles

How to Cite

Juliana, B. S., Affandi, L. H. ., & Rosyidah, A. N. K. . (2023). Pengaruh Brain Gym (Senam Otak) terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Tonjer Tahun Akademik 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.3047

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kegiatan belajar yang monoton dan kurang bervariasi membuat motivasi belajar siswa kurang maksimal. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membuat suasana belajar lebih menyenangkan adalah dengan melakukan brain gym ( senam otak ). Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah brain gym ( senam otak ) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 6 SDN Tonjer tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SDN Tonjer dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas 6 yang terdiri dari kelas 6A dan kelas 6B. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis sampel yaitu sampel jenuh karena semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Dalam hal pengumpulan data penelitian dari sampel tersebut, peneliti menggunakan instrumen berupa kuesioner (angket) yang telah lebih dulu dilakukan uji validitas meliputi validitas isi dan validitas konstruk hingga menghasilkan 9 butir pernyataan. Data hasil penelitian kemudian dilakukan analisis berbantuan SPSS. Analisis data terdiri dari uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan uji normalitas diketahui bahwa nilai Sig Kolmogorov Smirnov data posttest kelas eksperimen sebesar 0.200. Karena 0.200 > 0.05 maka data tersebut berdistribusi normal. Namun nilai Sig Kolmogorov Smirnov data posttest kelas kontrol sebesar 0.022. Karena 0.022 < 0.05 maka data tersebut tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji normalitas tersebut, maka uji hipotesisi dilakukan dengan statistik nonparametrik jenis Mann Whitney. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymptotic Sig (2 - tailed) sebesar 0.805 yang berarti bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa brain gym (senam otak) tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas 6 SDN Tonjer tahun akademik 2022/2023. Sebuah faktor yang diasumsikan menjadi faktor penyebab brain gym (senam otak) tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa adalah tidak adanya pemberian brain gym (senam otak) di tengah pembelajaran pada saat siswa menunjukkan tanda-tanda kejenuhan sehingga motivasi belajar siswa kurang maksimal.

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4 (2). 209- 216). Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/3035

Anggakristi, Linda K.. Handayani, Prita A,. & Hartati, E.. (2021). Pengaruh Senam Otak terhadap Tingkat Kejenuhan dan Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa STIKES Telogorejo Semarang. Jurnal Ilmiah Bidang Keperawatan dan Kesehatan, 4 (1), 50- 58. Retrived from https://jurnal.unw.ac.id/index.php/ijnr/article/view/1040

Hamdi, A.S., & E. Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Imtihani, Amalia., Affandi, L.H., & Tahir, Muhammad. (2021). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kecamatan Kayangan. Jurnal Kependidikan, 6 (1), 13-20. Retrieved from http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/385

Lestari, Endang T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Nurfatimah., Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5 (2), 145-154. Retrieved from http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/130

Nasrullah, Febrian A., & Prasetiawan, Hardi. (2022). Mengurangi (Burn-Out) Kejenuhan Belajar Siswa dengan Senam Otak (Brain Gym). Jurnal Pendidikan dun Konseling, 4 (4), 259-274). Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5206

Nazir, M. (2005). Metode Penenelitian. Ciawi: Ghalia Indonesia.

Sarah, Christ., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Gugus III Cakranegara. Jurnal Progres Pendidikan, 2 (1), 13-19. Retrieved from http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/60

Sariana, Nilla., Afiif, Ahmad., & Kusyairy, Umi. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (2), 82-88. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/3207

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukri, A., & Purwanti, E. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Brain Gym. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1 (1), 50-57. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=12296587700381314778&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1673845977172&u=%23p%3D2m6qBl1BpqoJ

Sultoni., Gunawan, I., & Dika, N. (2018). Pengaruh Etika Profesional terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1 (3), 279-283. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/4186

Trang, Dewi. S. (2013). Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal E MBA, 1 (3), 208-216. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1995

Widodo, Arif., Husniati., Indraswati, Dyah., Rahmatih, A. N., & Novitasari, Setiani. (2020). Prestasi Belajar Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Ditinjau dari Segi Minat Baca. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4 (1), 38-46. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/3808

Yanti, N., Bahri, S., & Fajriani. (2018). Penggunaan Senam Otak dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa SD Negeri Ateuk Aceh Besar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3 (1). 28-34. Retrieved from https://jurnal.unsyiah.ac.id/suloh/article/view/14156

Yusriati., Safruddin., & Rosyidah. A. N. K. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 09 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pensidikan, 7 (3c), 1959-1964. Retrieved from http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/878

License

Copyright (c) 2023 Baiq Senja Juliana, Lalu Hamdian Affandi, Awal Nur Kholifatur Rosyidah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).