Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v5i2.3050Published:
2023-05-25Issue:
Vol. 5 No. 2 (2023): MeiKeywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Gaya Kognitif (Fast Accurate, Slow inaccurate, Reflektif, Impulsif)Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linier tiga variabel ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X SMAN 1 Praya Timur. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa tes gaya kognitif yaitu MFFT (Matching Familiar Figure Test), tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif fast accurate mampu menjalankan 5 indikator Newman dengan benar dan lengkap, dengan tingkat kemampuan tinggi dan sedang dengan persentase 25% dan 75%. Siswa dengan gaya kognitif slow inaccurate hanya mampu menjalankan satu indikator Newman. Sedangkan pada 4 indikator lainnya, belum sepenuhnya tepat dan lengkap, dengan tingkat kemampuan sedang dan rendah dengan persentase 40% dan 60%. Siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu menjalankan 5 indikator Newman dengan benar dan lengkap, dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah dengan persentase 41,7%, 25% dan 33,3%. Siswa dengan gaya kognitif impulsif mampu menjalankan 3 indikator Newman dengan benar. Sedangkan pada 2 indikator lainnya, belum sepenuhnya tepat dan lengkap, dengan tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah dengan persentase 21,4%, 28,6% dan 50%.
References
Aprilia, N. C., Sunardi, & Dinawati, T. (2015). Proses Berpikir Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VII SMPN 11 Jember. Jurnal Edukasi, 2(3), 31-37. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.6049
Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi. M. (2019). Analisis Kesalahan Newman dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Materi Turunan pada Siswa Kelas XII. MANDALIKA (Mathematics and Education Journal), 1(2), 66-73. https://doi.org/10.29303/jm.v1i2.1559
Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Jurnal Aksioma, 9 (1), 11 - 20. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2221.
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Koesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169-178. https://dx.doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47.
Indah, N., Prayitno, S., Amrullah, & Baidowi. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 106 - 114. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.52
Jha, K. S. (2012). Mathematics Performance of School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Application Engineering Science, 2(1). 2231-4946. https://www.yumpu.com
Khotimah, H., Amrullah, Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123-130. 10.29303/jcar.v4i4.2272.
Kurniawati, N., Prayitno, S., Hayati, L., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemamuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif Siswa Mts. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 493-503. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.176.
Muniroh, L. Sugiyanti., & Nursyahidah, F., (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalm Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, (5), 352-359. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1579.
Nabilah, Amrullah, Lu’luilmaknun, U., Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 185-191. 10.29303/jcar.v5i1.2643
Ramadanti, A. V., Syahri, A. A., & Kristiawati. (2022). Deskripsi Keterampilan Metakognitif dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 32-42. https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.35396.
Rostika, D. & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35-36. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176.
Rozencwajg, P., & Cprroyer, D. (2005). Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. Journal of Genetic Psychology, 166(4), 451-463. https://doi.org/10.3200/GNTP.166.4.451-466
Saputra, Y. P., Baidowi, Wulandari, N. P., & Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal of Classroom Action Research, 5(1). 85-74. 10.29303/jcar.v5i1.2800
Sari, Y., Darsono, & Tyaningsih, R. Y. (2017). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Bangun Datar. Journal Simki-Techsain, 1(8), 3-13. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.
Wardani, J., Hikmah, N., Triutami, T. W., & Soeprianto, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMAN 2 Selong pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 304-316. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.193
Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(2), 190-201. http://journal.um.ac.id/index.php/ pendidikan-
License
Copyright (c) 2023 Baiq Handini Lora Padian, Sri Subarinah, Ratna Yulis Tyaningsih, Harry Soepriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).