Meningkatkan Nilai Agama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Pembiasaan

Authors

Jamilah Amalia , Abdul Kadir Jaelani , Ika Rachmayani , Nurhasanah

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3069

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Nilai agama anak Usia 4-5 Tahun, Metode Pembiasaan, KB Ar-Royan.

Articles

Downloads

How to Cite

Amalia, J., Jaelani, A. K. ., Rachmayani, I. ., & Nurhasanah. (2023). Meningkatkan Nilai Agama Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 149–155. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3069

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai agama anak usia 4-5 tahun melalui metode pembiasaan di KB Ar-Royan Penan Pejarakan Karya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 12 orang anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing pertemuannya terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun untuk tahap petemuannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan metode pembiasaan pada siklus I memperoleh skor 27 dengan persentase 67,5% dikategorikan mulai terlaksana kemudian nilai agama anak memperoleh skor 473,5 dengan persentase 78,9% dikategorikan mulai meningkat dan metode pembiasaan mengalami peningkatan dengan jumlah skor 54,4 dengan persentase 92,5% dikategoikan telaksana maksimal serta nilai agama memperoleh skor 536 dengan persentase 89,3% dikategorikan sangat meningkat pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini ialah metode pembiasaan dapat meningkatkan nilai agama anak usia 4-5 tahun di KB Ar-Royan.

References

Aprianto, M . K., Safruddin., & Jaelani, A. K. (2021). Analisis Muatan Karakter Pada Pelajaran Pjok Kelas VI Semester II di SDN 1 Batu Kumbung 2020/2021. Page 38, 388-392. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

http://dx.doi.org/10.36312/jime.v7i4.2503

Arief Miftah (2020). Pendidikan Pengembangan Diri Melalui Pembiasaan Optimalisasi Pendidikan Pembiasaan dan Psikologi Perkembangan. CV Literasi Nusantara Abadi. Magelang.

Aulia dkk (2020) Faktor Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Hal 35-38.

Habibi Muazar (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Hidayat M. Sukron, (2021). Implementasi Metode Pembiasaan Meningkatkan Nilai-nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang Tahun 2021. https://eprints.walisongo.ac.id/16194/1/SKRIPSI%20FULL%20FIX-%20Muhammad%20Syukron%20Hidayat%20-%201503106070%20-%20muhammad%20syukron.pdf

Jaga La Rumiati dkk (2019), Peningkatan Perilaku Disiplin Anak Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun. Page 1-12 Jurnal Pendidikan Raudatul Athfal http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/5317

Karta dkk. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Mataram: FKIP Universitas Mataram, Jl. Majapahit No. 62 Mataram.

Nopiadi, Eko (2016), Penerapan Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Siswa SD Negeri 38 Janna-Jannayya Kec. Sinoa Kab. Banteng 2015/2016. Jurnal Pendidikan http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/4812

Rahayu, Dwi Istati. (2018) Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jl Majapahit Mataram Nusa Tenggara Barat.

Rinawati (2020). Guru Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Sekolah. IAIN Pontianak. Press (Anggota IKPI). Pontianak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Setiawati, D., Nurhasanah., Rachmayani I., & Jaelani, A.K. (2022) Pemetaan Metode Pembiasaan yang diterapkan Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Journal of Classroom Action Research

https://doi.org/1029303/jppipa.v6i1264

Yeni Arza (2018). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Proses Belajar Anak di TK Harapan Bangsa Tanjung Barulak Batipuh. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1-97

Wahyuningsih, S., Karma, I. N., & Jaelani, A.K. (2022). Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VI SDN Gugus III Sekarbela Mataram. Page 887-893 Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.673

Wibisono, N., Muazar, H., Astini, B. N., & Jaelani, A. K. (2022). Identfikasi Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kasih Ibu Dusun Orong Kecamatan Batu Layar. Page 44-47 Jurnal Mutiara Pendidikan https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JMP/article/view/3548.

License

Copyright (c) 2023 Jamilah Amalia, Abdul Kadir Jaelan, Ika Rachmayani, Nurhasanah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).