Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v1i2.307Published:
2019-08-28Issue:
Vol. 1 No. 2 (2019)Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media gambar siswa kelas III SDN 1 Midang tahun pelajaran 2014/2015. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) atau disingkat PTK. Penelitian Tindakan Kelas Meliputi empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 17 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasi belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Midang tahun pelajaran 2014/2015 yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 70 menjadi 78.93 pada ke siklus II. Demikian juga dengan ketuntasan klasikal matematika siswa dari 78,5% menjadi 82,14% sehingga penelitian sudah dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai ketuntasan yang diharapkan. 2) Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh rata-rata aktivitas siswa yang sebelumnya 75 % dengan katagori aktif menjadi 87,5% dengan katagori sangat aktif.
Â
Kata kunci: Media Gambar; Hasil Belajar; MatematikaReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, K. 2001. Active Learning. Yogyakarta: Yappendis
Mulyono, A. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rahmawati. 2014. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Diri Sendiri Pada Siswa Kelas I Sdn Ketemasdungus Mojokerto. JPGSD. 2(3). Pp. 1-6.
Author Biography
Sulastri Pebri Utami, Sekolah Dasar Negeri 1 Midang, Gunungsari, Indonesia
License
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).