Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v1i2.312Published:
2019-08-28Issue:
Vol. 1 No. 2 (2019)Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram pada materi sumber sejarah dan tahapan penelitian sejarah dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif tife Insede Outside Circle ( IOC ). Penerapan pembelajaran Kooperatif tife Insede Outside Circle ( IOC ) ini diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua siklus). setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklis I dari tanggalan 2 Agustus 2018 sampai 16 Agustus 2018 dan siklus II dari tanggal 23 Agustus 2018 sampai 6 September 2018. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51% siswa mendapat nilai 75 Karena pada siklus I belum memenuhi ketuntasan belaja yang diisyaratkan yaitu 85% siswa mendapatkan nilai 7,5, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II, sebesar 93 % yang artinya ketuntasan belajar sudah tercapai dan hasil belajar mengalami peningkatan, disimpulkan dengan penerapan pembelajaran Kooperatif tife Insede Outside Circle   ( IOC )  dapat meningkatkan hasill belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran sejarah.
Kata Kunci: Pembelajaran  Kooperatif , Insede Outside Circle ( IOC ), peningkatan hasil belajar, Sumber sejarah dan Tahapan penelitian sejarah
References
Wardani. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional
Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo
Corbin, J & Strauss, A. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Tekni-teknik Teorisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kuncoro, M. 2007. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta
Margono. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Berliner & Gage. 1984. Educational Psychology. 3rd edition. Houghton Mifflin Company. All right reserved.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Depdikbud. 1992. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Univeristas Terbuka
Author Biography
Ni Wayan Sri Kastining, SMA Negeri 1 Mataram
License
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).