Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pasca Pandemi Dalam Penggunaan Media Digital

Authors

Ari Nashiruddin Zaini , Muhammad Tahir , Ida Ermiana

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3167

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Pembelajaran Pasca Pandemi, Media Digital, Kelas Tinggi

Articles

Downloads

How to Cite

Zaini, A. N. ., Tahir, M. ., & Ermiana, I. . (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Pasca Pandemi Dalam Penggunaan Media Digital . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 197–202. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3167

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Masa pasca pandemi guru mengalami perubahan strategi pembelajaran. Hal ini merubah pula media yang digunakan, yang di mana pada masa pandemi guru lebih sering menggunakan bantuan media digital, pada masa pasca pandemi guru memiliki 2 pilihan yaitu untuk tetap menggunakan bantuan media digital atau beralih untuk meninggalkan media digital dan kembali menggunakan media yang pernah di gunakan sewaktu sebelum pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dimasa pasca pandemi dalam penggunanaan media digital dan mengetahui factor penyebab pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dan wawancara. Instrument pada penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran dimasa pasca pandemi dalam penggunaan media digital sudah dilaksanakan dengan menggunakan beberapa media digital seperti multimedia interaktif, media digital gadget, media digital wps office, serta media aplikasi canva. Dalam hasil penelitia di temukan beberapa faktor penghambat yaitu: 1.) ketersediaan media sarana prasarana, 2.) kondisi linggungan, 3.) ketersediaan jaringan dan 4.) paling uama adalah individu keterampilan guru. yang menyebabkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa pasca pandemi dalam penggunaan media digital menjadikan guru kesulitan dalam pengunaan dan pelaksanaannya.

References

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 36.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Fitria, A. S., Ramdani, A., & Hadiprayitno, G. (2023). Keefektifan Pelaksanaan E-Learning Pada Mata Pelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 265-270.

Flew, T. (2008). New Media : an introduction. New York: Oxford University Pers.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152-159.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan bagi orang tua untuk memahami factor-faktor penyebab anak kecanduan gadget (Vol. 1). Bisakimia.

Ramdani, A., Purwoko, A. A., & Yustiqvar, M. (2021, December). Improving Scientific Creativity of Teacher Prospective Students: Learning Studies Using a Moodle-Based Learning Management System During the COVID-19 Pandemic. In International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021) (pp. 261-267). Atlantis Press.

Setiawan, D. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui media pembelajaran segitiga bongkar pasang dengan strategi STAD. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 7-14.

Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Sukitman, T., Yazid, A., & Mas' odi, M. (2020, September). Peran guru pada masa pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. doi: http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3655/0

Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif konsep dan pengembangan.

Yani, J. A. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Ferrari, JR, Jhonson, JL, & McCown, WG (1995). Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research & Treatment. New York: Plenum Press. Yudistira P, Chandra. Diktat Kuliah Psikometri. Fakultas Psikologi Universitas.

Yanuarti, R. (2019). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Daerah Tertinggal Utilization Of €˜ Rumah Belajar’ to Enhance Left Area Teachers’ Competency on Information and Communication Technology. Jurnal Teknodik, 123-136.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Ari Nashiruddin Zaini, Muhammad Tahir, Ida Ermiana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).