Pengaruh Pembelajaran Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak

Authors

Vuvut Thamarra Dhewi U.S , I Wayan Karta , Fahruddin

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3184

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Perkembangan Sosial Emosional, Pembelajaran Peran Makro, Pembelajaran Bermain Peran.

Articles

Downloads

How to Cite

Dhewi U.S, V. T. ., Karta, I. W. ., & Fahruddin. (2023). Pengaruh Pembelajaran Bermain Peran Makro Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 81–86. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3184

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran makro terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan rancangan One Group Pretest Postest. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa TK Negeri Pembina KSB. Teknik pengambilan sample adalah sampel random sampling. Sampel yang terpilih adalah 15 orang anak kelompok B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran peran makro dan instrumen penilaian indikator tingkat capaian perkembangan sosial emosional anak kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode uji-t untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran makro terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok di B TK Negeri Pembina KSB. Hasil penelitian nilai signifikansi dari uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan sosial emosional sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran bermain peran makro terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok B di TK Negeri Pembina KSB.

References

Ahmad, A., & Maidiyah, E. (2016). Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Di Paud Nurul Hidayah, Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3).

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.

Engga, E., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2017). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Tunas Bangsa Bonti Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3).

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Febriani, E. (2019). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Tk Sitalale Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 4(4).

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.

Insani, L. P. Z., Astawa, I. M. S., & Rachmayani, I. (2023). Pengembangan Metode Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 48-55.

Jamilah, S. (2019). Pengembangan Sosial-Emosional Anak Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran) di Kelompok B Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 83-101.

Kadek, N, D, DKK. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Lompok B Di Taman Kanak-Kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesah Singaraja, Indonesia. (vol,5 no, 1)’

Lestari, D. I. S., Karta, I. W., Fahruddin, F., & Astini, B. N. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Rumah Pada Masa Covid-19. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(2), 258-264.

Mardiana, L., Karta, I. W., & Suarta, I. N. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran Mikro Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Dusun Aikprapa Kecamatan Aikmel Tahun 2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(2), 39-43.

Mulyani, N. (2014). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133-147..

Novindasari., Fahruddin., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2023). Efektifitas Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 144-148.

Nurhasanah. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Mataram. Arga Puji Press

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50-61.

Rahmatiana, F., Astawa, I. M. S., Fahruddin., & Rachmayani, I. (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamidy Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Reso, M. F., & Muntomimah, S. (2019, December). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B Pada Ra Mutiara Iman Pakisaji Kab Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 3, pp. 801-807).

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Jakarta: Prenada Media Group.

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31-37.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 26-33.

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484-493..

Wahyuni, S., Syukri, M., & Miranda, D. (2015). Peningkatan perkembangan sosial emosional melalui pemberian tugas kelompok pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(10).

Yunari, Y. (2018). Pengembangan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. In SENDIKA: Seminar Pendidikan (Vol. 2, No. 1, pp. 265-270).

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Vuvut Thamarra Dhewi U.S, I Wayan Karta, Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).