Vol. 5 No. 2 (2023): Mei
Open Access
Peer Reviewed

Identifikasi Pemanfaatan APE dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

Rahayu Oktapilasari , Baik Nilawati Astini , Ni Luh Putu Nina Sriwarthini , Muhammad Tahir

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3185

Published:

2023-05-25

Downloads

Abstract

Alat Permainan Edukatif (APE) merupakan alat permainan yang khusus digunakan dalam kepentingan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi alat permainan edukatif yang digunakan untuk mengembangkan bahasa anak kelompok B di TK Se-Kecamatan Sakrabarat Kabupaten Lombok Timur Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian survey. Sampel yang digunakan sebanyak 7 TK di Se-Kecamatan Sakra Barat dengan 15 jumlah responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 APE, APE yang digunakan untuk mengembangkan bahasa anak dalam keterampilan menyimak kelompok B sebanyak 3 APE atau 60 % APE. APE yang digunakan untuk mengembangkan bahasa anak dalam keterampilan berbicara kelompok B dari 7 APE yang digunakan sebanyak 5 APE atau 71,42%. APE yang digunakan untuk mengembangkan bahasa anak dalam keterampilan membaca kelompok B dari 9 APE yang digunakan sebanyak 9 APE atau 100%. APE yang digunakan untuk mengembangkan bahasa anak dalam keterampilan menulis kelompok B dari 3 APE yang digunakan sebanyak 3 APE atau 100%.

Keywords:

Alat Permainan Edukatif, Bahasa Anak, Keterampilan Bahasa

References

Nuraini., Jaelani, A. K., Suarta, I. N., & Astini, B. N. (2023). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Bahasa Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 33-40.

Rahmawati, T., Habibi, M. M., & Suarta, I. N. (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAHIBU Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 163-170.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2021). Alat permainan edukatif: analisis pengembangan literasi sains anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654-664.

Baharun, H., Zamroni, A., & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382-1395.

AH, N. M. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 125-138.

Yasbiati, M. P., & Gandana, G. (2018). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Ksatria Siliwangi.

Yendra, S. S. (2016). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Deepublish.

Asiyah, N., Rasiman, R., & Jayanti, I. D. (2022). Pengembangan APE Domino Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Permainan Menyusun Balok. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7287-7299.

Rahayu, M. A. N., Lestari, P. I., & Cahaya, I. M. E. (2019). Implementasi Alat Permainan Edukatif Pohon Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep dan Lambang Bilangan. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 26-33.

Pamuji, S. S., & Inung Setyami, S. S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.

Yanti, N., Suhartono, S., & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 72-82.

Gunawan, H. (2016). Strategi PQ4R: Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Materi Qiraah. I'TIBAR: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(6), 147-161.

Akpinar, Y., & Aslan, Ü. (2015). Supporting children’s learning of probability through video game programming. Journal of Educational Computing Research. https://doi.org/10.1177/0735633115598492

Pyle, A., Prioletta, J., & Poliszczuk, D. (2018). The Play-Literacy Interface in Full-day Kindergarten Classrooms. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0852-z

Rahmawati, N. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Journal of Arabic Learning and Teaching, 2(1), 37–44. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/la.v7i1.26072

Kang, J., Liu, M., & Qu, W. (2017). Using gameplay data to examine learning behavior patterns in a serious game. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.062

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Oktapilasari, R. ., Astini, B. N. ., Sriwarthini, N. L. P. N. ., & Tahir, M. . (2023). Identifikasi Pemanfaatan APE dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 87–96. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3185