Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar

Authors

Sukmawati , Amrullah , Nurul Hikmah , Harry Soepriyanto

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3207

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Analisis, Penalaran Matematika, Gaya Belajar.

Articles

Downloads

How to Cite

Sukmawati, Amrullah, Hikmah, N. ., & Soepriyanto, H. . (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar . Journal of Classroom Action Research, 5(2), 106–110. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3207

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

kemampuan penalaran matematika merupakan suatu kemampuan berfikir siswa dalam membangun suatu argumen untuk menarik kesimpulan dalam permasalahan matematika. Kemampuan penalaran sangat dibutuhkan bagi siswa dalam memahami materi atau konsep matemattka. Namun kenyatannya banyak siswa memiliki pemahaman materi atau konsep matematika yang rendah, hal ini disebabkan salah satunya oleh rendahnya kemaampuan penalaran matematika. Beberapa peneliti lain mengkaji penalaran matematika dihubungkan dengan gaya belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa serta hubungannya gaya belajar siswa kelas IX SMP Negeri 7 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan metode korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random samling sehingga sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 7 Mataram dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui pemberian angket gaya belajar dan tes kemampuan penalaran matematika siswa. Peneltian ini menggunakan teknik deskriptif dan tes prasyarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa kelas IX SMPN 7 Mataram sebagian besar termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 63,3%. Kemudian hasil analisis korelasi dengan rumus person produk moment menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan kemampuan penalaran matematika siswa dengan nilai korelasinya sebesar 0,47268, yang dikategorikan korelasi tingkat sedang.

 

 

 

References

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, S., Ahmad, H., Ida, E. (2022). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa: JCAR. 4(1). DOI: 10.29303/jcar.v4i1.1461

Ayunah, S. A., Sripatmi., Kurniawan, E., Azmi, S. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Matriks Ditinjau Dari Gaya Kognitif: Griya Jurnal. 2(4). https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index.

Fauzan, R. A., Sarjana, K., Wulandari, N. P., Soepriyanto, H. (2022). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Statistika Iswa Kelas VIII Mtsn 3 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023: Jurnal Ilmiah Propesi Pendidikan. 7(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.904

Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Akmal, Y. (2019). Analisis jalur dan aplikasi SPSS versi 25. Medan: Sefa Bumi Persada.

Harmila, A., Nurhasanah., Tahrir, M., Oktavianty, I. (2022). Gaya Belajar Siswa: apakah Ada Hubungan Dengan Hasil Belajar Siswa: JCAR. 4(1). DOI:10.29303/jcar.v4i1.1421

Inastuti, I. G. A. S., Subarinah, S., Kurniawan, E., Amrullah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar: Griya Jurnal. 1(1). https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index.

Kurniawan, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., & Suci, I. G. S. (2020). Transformasi Digital dan Gaya Belajar. Purwokerto Selatam: CV. Pena Persada.

Lestari, G. P., Hayati, L., Kurniawan, E., Amrullah. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika: Griya Jurnal. 2(3). https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index.

Mursilawati, N., Sripatmi., Baidowi., Kurniawati, N. (2021). Kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII MTs. Al-Madani dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika social tahun pelajaran 2020/2021: Griya Jurnal. 1(3). https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index.

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning: Genta Mulia. 11(1), 6-12.

Nabilah., Amrullah., Ulfa., Sripatmi. (2023). Analisis Kemampuan Berfikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar: JCAR. 5(1). DOI: 10.29303/jcar.v5i1.2643

Ramlah & Putri, E. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa: Maju. 8(2).

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.395

Setiaman, S. (2021). Analisis Korelasi dan Regeresi Linier Sederhana Dengan SPSS Versi 24. Qatar: PPNI.

Sukajaya, I. N., Candiasa, I. M., & Sudarti, N. K. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Kecemasan Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kota Singaraja: Jurnal Nalar Pendidikan. 8(2), 81-88. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.13956

Wulandari, A., Nurimani., Astuti, E. A. (2021). Hubungan gaya belajar siswa dengan kemampuan penalaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma negara III. 73-79.

http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1065.

License

Copyright (c) 2023 Sukmawati, Amrullah, Nurul Hikmah, Harry Soepriyanto

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).