Analisis Faktor Penghambat Gerakan Literasi Baca Tulis Siswa di Desa Wisata MI Nurul Islam Kuta

Authors

Andini Putri , Asrin , Awal Nur Kholifatur Rosyidah

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3258

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Faktor Penghambat, Gerakan Literasi, Baca tulis.

Articles

Downloads

How to Cite

Putri, A. ., Asrin, & Rosyidah, A. N. K. . (2023). Analisis Faktor Penghambat Gerakan Literasi Baca Tulis Siswa di Desa Wisata MI Nurul Islam Kuta. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 178–187. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3258

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas temuan berupa hambatan siswa dalam melaksanakan gerakan literasi baca tulis di MI Nurul Islam Kuta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi baca tulis siswa, mengetahui faktor internal dan eksternal penghambat gerakan literasi baca tulis siswa di MI Nurul Islam Kuta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sementara keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan teori. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan gerakan literasi baca tulis siswa di MI Nurul Islam Kuta menggunakan tahapan pembelajaran literasi program SAC (Semua Anak Cerdas) yaitu terdiri dari tahap kesiapan belajar siswa, tahap pembacaan cerita sebelum mulai pembelajaran, tahap pembelajaran literasi sesuai level, tahap simulasi kegiatan dan tahap refleksi. Faktor internal penghambat gerakan literasi baca tulis siswa di MI Nurul Islam Kuta berasal dari siswa dan guru. Faktor siswa datang dari rendahnya minat membaca yang menyebabkan ada 14 siswa baru mengenal huruf dan kurang bisa membedakan huruf. Faktor dari guru yaitu kurang pemahaman guru terkait tahapan pembelajaran literasi SAC, dan kesulitan dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik, serta kesulitan dalam mendampingi siswa yang belum lancar membaca kerena keterbatasan waktu. Sementara faktor ekstenal penghambat gerakan literasi baca tulis siswa berasal dari faktor sarana dan prasaran seperti tidak tersedianya perpustakaan dan kurangnya bahan bacaan di sekolah, bantuan dana BOS yang masih belum maksimal dalam mengalokasikan kegiatan literasi, serta dukungan dari orang tua yang masih belum maksimal seperti kurang memberikan bimbingan belajar di rumah

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asikin, M. A., & Jaelani, A. K. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Siswa Dalam Belajar Tatap Muka Terbatas. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 131-138.

Bungin & Burhan. (2018). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Darjowidjojo. (2003). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor.

Erfan, M dkk. (2021). “Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru dalam Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Siswa†Jurnal Wahana Ilmu Pendidikan Dasar. Vol. 7, No. 1. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3520

Esterberg, K. G. (2002). Qualitative Metholods In Social Research. New York: Mc Graw Hill. Sebaimana Dikutip Oleh Sugiono Dalam Bukunyayang Berjudul “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif Dan R&Dâ€. CV. Alfabeta: Bandung.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Fanani, A. M. Pitoewas, B. Q. Nurmalisa, Y. L. (2017). “Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah†Jurnal Kultur Demokrasi. Hal.7. http://media.neliti.com/media/publications/252134-faktor-faktor-penghambat-pelaksanaan-ger-746904cd.pdf

H, Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hamalik, O. (2002). Psikologi Belajar Mengajar.Bandung Sinar Baru Algesindo

Hartika, L. Asrin & Hasanah, N. (2022). Pembelajaran Literasi dan Numerasi Dasar Berbasis Pendekatan Semua Anak Cerdas (SAC) di SDN Gunung Borok†Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7, No. 2c, Hal. 1001-1008. http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view//660/421

Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muhammad, Hamid. (2018). Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasetyono, D.S. (2008). Rahasia Mengajar Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Yogyakarta.

Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(1), 128-134.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Sardiman. (2018). “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajarâ€. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:PT.Rineka Cipta.

Srihartati, Y., & Nisa, K. (2023). Hubungan Program Literasi Dasar Dengan Minat Baca Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 168-178.

Tarigan. (2015). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:CV Angkasa.

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178.

Wahyuni, S. (2010). “Menumbuhkan Minat Membaca Menuju Masyarakat Liberatâ€. Jurnal Diksi. Vol. 17, No. 181. http://download.partalgaruda.org/article.php?article=390557&val=485&title=MENUMBUHKEMBANGKAN%MINAT%20BACA%MENUJU%20MASYARAKAT%20LITERAT .

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325-342.

Winataputra, Udin S. dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Yulikhah, S., Wahyono, P., & Kiyastuti, K. (2020). Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran mind mapping materi “perubahan wujud benda†pada mata pelajaran IPA kelas III. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 170-177.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Andini Putri, Asrin, Awal Nur Kholifatur Rosyidah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).