Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Ketrampilan Membaca Nyaring Siswa

Authors

Aprilia , Asrin , Awal Nur Kholifatur Rosyidah

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3417

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Media Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca Nyaring, Gugus 01 Kecamatan Pujut

Articles

Downloads

How to Cite

Aprilia, Asrin, & Rosyidah, A. N. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Ketrampilan Membaca Nyaring Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 30–34. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3417

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas II Gugus 01 Kecamatan Pujut Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja keterampilan membaca nyaring dan lembar observasi. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji normalitas pretest kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,102 > 0,05 dan pretest kelas kontrol sebesar 0,200 > 0,05. Kemudian untuk posttest kelas eksperimen sebesar 0,114 > 0,05 dan posttest kelas kontrol sebesar 0,177 > 0,05. Artinya nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kontrol adalah terdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas nilai pretest dan posttest baik kelas kontrol dan eksperimen memiliki Sig. 0,234 > 0,05 yang menandakan data homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Hâ‚ diterima dan Hâ‚€ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita bergambar berpengaruh terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di Gugus 01 Kecamatan Pujut Tahun Ajaran 2022/2023. Gambar yang disajikan pada media cerita bergambar ini berbentuk kongkret/nyata dan menarik sehingga membangkitkan minat dan perhatian siswa dalam proses kegiatan membaca nyaring.

References

Apriatin, F., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam

Augmented Reality Untuk Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(1), 146-156. Retrieved from: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i1.554

Azhar, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Fitriani, L, & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1 (1). Retrieved from: http://doi.org/10.31980/ba.vlil.737.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd

Kaban, S., & Lutmila, T. (2015) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas V SD Negeri Pondok Labu 12 Pagi Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah PGSD, 8(2), 1-14. Retrieved from:

Karma, I. N., & Hakim, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IVA SDN 32 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 1-11.

Kompetensi Pedagogik Guru Dalam

Larito, Dhani. Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan. Jakarta: Daffa Media Jakarta.

Nurafifah, F., Asrin, A., & Tahir, M. (2022). Analisis

Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 77-84. Retrieved from: http://prospek.unram.ac.id/index.php/renja na/article/view/77.

Pembelajaran Tematik Kelas I SDN Gugus V Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 628-633.

Retrieved from: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.628/article/view/7990

Saputra, D., Makki, M., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Dongeng Monyet Dan Kura-Kura Mata Pelajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 75-80.Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2023). Efektifitas Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 144-148.

Setiawan, H., Aji, S. M. W., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Rosyidah, A. N. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Pemanfaatan Sumber Bacaan Berbasis

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Supriyadi. (1992). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud Proyak Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Suyanto. (2007). Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. (1983). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Aprilia, Asrin, Awal Nur Kholifatur Rosyidah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).