Implementasi Model Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar
DOI:
10.29303/jcar.v5i2.3460Published:
2023-05-17Issue:
Vol. 5 No. 1 (2023): FebruariKeywords:
Outdoor Learning, , Hasil Belajar, Pembelajaran KontruktivismeArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Hasil belajar siswa pada umumnya tergolong masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar yang masih memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar ialah penggunaan model pembelajaran yang masih kurang bervariasi, tidak disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Outdoor Learning terhadap hasil belajar. Secara metodologis, kajian menggunakan jenis Quasi Experiment dengan rancangan penelitian pretest posttes control group design. Sampel sebagai uji coba penelitian adalah siswa kelas XIÂ yang diambil menggunakan teknik random sampling setelah penyepadanan kelas. Data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda yang sudah memenuhi validitas reliabilitas instrumen. Seluruh data hasil penelitian dianalisis secara comparatif analysis. Hasil penelitian menemukan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan model outdoor learning dibandingkan kelas yang mengggunakan model konvensional. Dengan nilai rata-rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi, maka disimpulkan model Outdoor Learning efektif terhadap pencapaian hasil belajar siswa. Implikasi teoritisnya adalah bahwa teori-teori pembelajaran berbasis konstruktivisme masih relevan untuk mata pelajaran bidang sosial.Â
References
Alfiansyah, I. (2020). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memahami Dan Memecahkan Masalah Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sekolah Dasar Brainstorming Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(1), 29-36.
Amalia, S., Mun'im, A., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 15 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, 2(1).
Amtonurajah., Muhsinatun S. M. (2015). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Outdoor Activity di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Perbalingga. Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 1-11.
Ardina, T., Ningsih, K., & Ariyati, E. (2016). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spermatophyta SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3).
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Rineka Cipta
Beatrix, D. R., Syamsiati, S., & Kresnadi, H. (2014). Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas V SDN 09 Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2).
Belina, M. M. C. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Outdoor Learning pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2 (1), 3-11.
Crismono, P. C. (2017). Pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 106-113.
Dewi, C. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5 (2), 1-10.
Kurniawati, I., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Borobudur Educational Review, 1(01), 31-43
Lestari, D. P., Fatchan, A., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 475-479.
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).
Linawati, H. (2015). Pengaruh Metode Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 253695.
Murdani, M. H., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1745-1753.
Nugroho, A. A., dan Hanik, N. R. (2016). Implementasi Ourdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Materi Kuliah Sistematika Tumbuhan Tinggi. Jurnal Bioedukasi, 9 (1), 41-44.
Patahuddin, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Pokok Bahasan Kebudayaan Pada Siswa Kelas XI IPS 1 Sma Negeri 11 Makassar Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan.
Rahyuni, R., Zamzaili, Z., & Ruyani, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Outdoor dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(3), 183-187.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Roliyah, R., & Irwandi, I. (2019, October). Pengaruh Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Lubuklinggau. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).
Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning (CL) Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(2).
Sejati, A. E., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 80-86.
Sepriyaningsih, S., Samitra, D., & Yunita, M. (2019). Pengaruh Model Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Lubuklinggau. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 29-34.
Setiyorini, N. D. (2018). Pembelajaran Kontekstual IPA Melalui Outdoor Learning di SD Alam Ar-Ridho Semarang. Al-Mudarris: Journal Of Education, 1(1), 30-38.
Suardi, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Pokok Bahasan Interaksi Sosial Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas X MA. Muhammadiyah Panaikang Kacamatan Bissappu Kabupten Bantaeng. JED (Journal of Etika Demokrasi), 2(1).
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian kuantitatif , kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung :Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardi, S. (2023). Analisis Kompetensi Kewirausahaan Mahasiswa Menggunakan ServQual: Ke Arah Perbaikan Kualitas Pembelajaran Kewirausahaan. Journal of Classroom Action Research, 5(1).
Sukardi. (2017). Evektifitas Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasi Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal Terhadap keinovatifan Siswa. Universitas Mataram: 267-279.
Taqwan, S. H. B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10-18.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Zumratul, T., Ermiana, I., & Tahir, M. (2023). Pengaruh Penggunaan LKPD Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 143-148.
Author Biography
Sukardi Sukardi, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Himayatul Izzati, Sukardi Sukardi, Masyhuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).