Penerapan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar

Authors

Habibatin Junnah , Sudirman , Husniati , Moh. Irawan Zain

DOI:

10.29303/jcar.v5i2.3461

Published:

2023-05-25

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Keywords:

Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK), High Order Thingking Skills (HOTS).

Articles

Downloads

How to Cite

Junnah , H. ., Sudirman, Husniati, & Zain, M. I. (2023). Penerapan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Berbasis High Order Thingking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 277–282. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3461

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penggunaan teknologi pada proses pembelajaran sangat penting untuk diterapkan di sekolah dasar yaitu salah satu dengan menerapkan Technological, Pedagogigal and Content, Knowledge (TPACK). Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) juga tidak kalah penting dimiliki pada abad 21. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan TPACK berbasis HOTS di SDN Mertak Umbak. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian kualitatif deskriptif.  Dengan subjek dalam penelitian ini guru kelas IV, V dan VI sedangkan Objeknya adalah penerapan TPACK berbasis HOTS. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap persiapan dilihat dari RPP, guru kelas IV, V dan VI sudah merencanakan pembelajaran TPACK berbasis HOTS dengan baik. Tahap pelaksanaan kelas IV dan VI sudah melaksanakan pembelajaran TPACK berbasis HOTS dengan baik, sedangkan kelas V belum terlaksana dengan baik. Terakhir, evaluasi pembelajaran TPACK berbasis HOTS di kelas IV, V dan VI sudah dilaksanakan dengan baik. Penerapan TPACK berbasis HOTS di SDN Mertak Umbak Kecamatan Praya Sudah terlaksana dengan baik di kelas IV dan VI sedangkan kelas V belum terlaksana dengan baik.

References

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, 1–87.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fajero, T., Festiawan, R., Anggraeni, D., & ... (2021). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Implementasi Metode Pembelajaran Daring pada Era Covid-19 di SMA Negeri se-Kota …. Jurnal Pendidikan …, 7(2), 342–353. Diambil dari https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1136

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hastuti, O. D., & Syukur, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Abad 21 Berbasis Hots Dengan Menggunakan Pendekatan Tpack Di Sma Negeri 11 Enrekang. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 1(3), 144–152.

http://eprints.ulm.ac.id/5418/1/2-%281216%29-

Ningrum, K. P., Sudirman, S., & Turmuzi, M. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Secara Daring pada Kelas V SDN 3 Pelangan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 260–264. https://doi.org/10.36312/jime.v7i4.2444

Oktafyani, A., Istiningsih, S., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Angka Perkalian Terhadap Minat Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 67-75.

Pasani, C. F. (2018). Tpack untuk Mengembangkan Hots dan Berbagai Literasi.

Putri, W., Sudirman, S., & Khair, B. N. (2022). Kualifikasi Buku Siswa SD Kelas III Kurikulum 2013. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 112-118.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Rosyida, D., Sudirman, S., & Setiawan, H. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) Berbasis Technological, Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dI SDN 4 Kilang, Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1702–1710. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.829

Rukaesih, A. M., & Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Saputra, D., Makki, M., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Berbasis Dongeng Monyet Dan Kura-Kura Mata Pelajaran PPKN. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 75-80.

Sudirman, Jaelani, A. K., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah: Media Audio Visual; Perangkat; Kegiatan pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 279-284.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. 465). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Habibatin Junnah , Sudirman, Husniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).