Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan pada Santriwati MTs

Authors

Dewi Mardianti Asyhaer , Amrullah , Nourma Pramestie Wulandari , Ketut Sarjana

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3676

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Kemandirian Belajar, Pemecahan masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Perbandingan

Articles

Downloads

How to Cite

Asyhaer, D. M., Amrullah, Wulandari, N. P. ., & Sarjana, K. . (2023). Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan pada Santriwati MTs. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 9–15. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3676

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Self-regulated learning menekankan pada kemampuan untuk mengkoordinasikan dan mengontrol diri sendiri, terutama saat menyelesaikan tugas. Model self-regulated learning memiliki arti penting dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan memecahkan masalah perbandingan pada santriwati kelas VII MTs Nurul Islam Sekarbela tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto . Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial.Hasil koefisien regresi diperoleh nilai t hitung =3,925>t tabel =2,045, maka terdapat pengaruh yang signifikan dari self regulated learning terhadap kemampuan memecahkan masalah. Hasil analisis regresi linier sederhana pembelian regresi Y=5,786+0,812X. Hasil analisis korelasi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,589 yang menunjukkan ada hubungan positif antara self-regulated learning terhadap kemampuan memecahkan masalah. Koefisien determinasi menunjuk pada angka 0,347 yang berarti pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan memecahkan masalah sebesar 34,7%. Dapat Artinya self-regulated learningberpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah perbandingan santriwati kelas VII MTs Nurul Islam Sekarbela tahun ajaran 2022/2023. Semakin tinggi kemampuan belajar mandiri santriwati maka kemampuan memecahkan masalah yang dimiliki santriwati juga akan semakin tinggi atau meningkat.

References

Enlisia, A. P., Rahardjo, S., & Sisworo. (2020). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1820–1826. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14347

Faakhiroh, L., Bey, A., & Fahinu. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(1), 99–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v10i1. 23893

Ihsan, M. (2018). Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 129–140. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.257

Kurniawan, E. (2022). Peran Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Era New Normal. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 327–334.

Lestari, D. E., Amrullah, Kurniati, N., & Azmi, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1078–1085.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: Key Curriculum Press.

Nufus, H., Prayitno, S., Baidowi, & Turmuzi. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perbandingan Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 246–259.

Nugraha, M. R., & Basuki. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248.

Padian, B. H. L., Subarinah, S., Tyaningsih, R. Y., & Soeprianto, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 73–80. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3050

Panjaitan, S., Sitepu, C., Manik, V. V., Keliat, A., Naibaho, M., Dalimunthe, R., & Siregar, C. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan Kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 3(2), 114–123. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2.709

Pratiwi, N., Sripatmi, S., Sridana, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Metematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.150

Putera, I. K. J. A., Payadnya, I. P. A. A., & Puspadewi, K. R. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Senama PGRI, 1, 71–79. https://doi.org/10.5281/zenodo.3376431

Ramdan, R., Prayitno, S., Turmuzi, M., & Baidowi, B. (2022). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Cerita pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 194–204. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.144

Refa, & Nurhayati. (2022). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 211–216.

Ripai, I., & Sutarna, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Seminar Nasional Pendidikan Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0, 1146–1155.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sani, R. A. (2021). Cara Membuat Soal AKM untuk SD dan SMP. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Saputra, Y. P., Baidowi, Wulandari, N. P., & Hikmah, N. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 74–85. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2800

Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 21–38.

Sarlan, Gunayasa, I. B. K., & Jaelani, A. K. (2022). Hubungan Antara Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 48–52. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1460

Sholiha, T. A., Kurniati, N., Tyaningsih, R. Y., & Prayitno, S. (2022). Pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Masbagik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1355–1362. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.745

Sofiyana, M. S., Sukhori, Aswan, N., Munthe, B., Wijayanti, L. A., Jannah, R., Juhara, S., SK, T., Laga, E. A., Sinaga, J. A. B., Suparman, A. R., Suaidah, I., Fitriasari, N., & Herman. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Global Eksekutif Teknologi.

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638

Supraptini. (2022). The Art of Self Regulated Learning and Self Reflection. Praya: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori dan Riset Matematika, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.25157/.v1i2.549

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievment: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501

Author Biography

Dewi Mardianti Asyhaer, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Dewi Mardianti Asyhaer, Amrullah, Nourma Pramestie Wulandari, Ketut Sarjana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).