Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa

Authors

Amelia Kusuma , Ketut Sarjana , Nani Kurniati , Amrullah

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3893

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Analisis, Kesulitan, dan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Articles

Downloads

How to Cite

Kusuma, A., Sarjana, K. ., Kurniati, N. ., & Amrullah. (2023). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 130–136. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3893

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 4 Gerung yang ditinjau dari konsep, prinsip, dan operasi dengan populasi adalah 132 siswa siswa kelas VIII SMPN 4 Gerung dan jumlah sampel penelitian 32 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes dalam bentuk soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menyandingkan jawaban siswa dan kunci jawaban dalam pedoman analisis kesulitan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMPN 4 Gerung tahun ajaran 2021/2022 untuk siswa yang berkemampuan tinggi pada jenis kesulitan konsep sebesar 0% yang termasuk kedalam tingkat kesulitan sangat rendah, kesulitan prinsip sebesar 14,28% yang termasuk kedalam tingkat kesulitan sangat rendah, dan kesulitan operasi sebesar 21,42% yang termasuk kedalam tingkat kesulitan rendah. Sementara itu siswa yang memiliki kemampuan rendah pada jenis kesulitan konsep sebesar 30,76% yang termasuk kedalam tingkat kesulitan rendah, sedangkan jenis kesulitan prinsip dan operasi memiliki nilai persentase yang sama yaitu sebesar 100% yang termasuk kedalam tingkat kesulitan sangat tinggi.

References

Arafan A & Khotimah RP. (2018). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas X Smk Harapan Kartasura (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arjudin, Dewi, N. K., & Tyas, B. A. (2021, Desember). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Daring Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sdn Tampar Ampar Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), Desember 2021, ISSN (Print): 2502- 7069; ISSN (Online): 2620-8326, 6, 629- 637

Azmi, S., Tyaningsih, P. S., Sarjana, K., & Sripatmi (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application Volume 1 Nomor 4, Desember 2021, eISSN 2776-124X||p-ISSN 2776-1258, 1, 570-577.

Baidowi, Dasing, A. S., Junaidi, & Turmuzi, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-Learning) Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 900-910.

Farida, Nurul. (2015). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 42-52.

Hasamah. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Malang : Universitas Malang

Idris FH, Hamid I & Ardiana A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Delta-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 3/2

Kamiludin, Kamiludin, and Maman Suryaman. 2017. “Problematika Pada Pelaksanaan Penelitian Pembelajaran Kurikulum 2013.†Jurnal Prima Edukasi 5(1) : 58

Kusuma, K.N., Studi Fenomenologi Seksualitas Transgender Wanita di Samarinda. Psikoborneo Vol.4 No.2 : 362-373

Marlina (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.

Nazir, Moh. Ph. D. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurhikamyati, 2017. Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Mata Kuliah Matematika Dasar.

Rachmadi, 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Proses Remidinya. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Zulfikar, S.P.2014. Manajemen Riset dan Pendekatan Komputasi Statistika Yogyakarta : CV Budi Utama

Author Biography

Amelia Kusuma, universitas mataram

License

Copyright (c) 2023 Amelia Kusuma, Ketut Sarjana, Nani Kurniati, Amrullah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).