Identifikasi Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Pada Siswa Kelas Tinggi

Authors

yunihisnil ain , Muhammad Makki , Asri Fauzi

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3894

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Articles

Downloads

How to Cite

ain, yunihisnil, Makki, M., & Fauzi, A. . . (2023). Identifikasi Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Pada Siswa Kelas Tinggi . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 105–110. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3894

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa kelas  V SDN 1 Aikmel Barat Tahun Ajaran 2022/2023.Metode penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar yang meliputi visual,auditorial dan kinestetik (VAK). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Aikmel Barat Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel melalui teknik sampling total. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa kelas V SDN 1 Aikmel Barat Tahun Ajaran 2022/2023 memiliki kecenderungan pada salah satu gaya belajar VAK. Mayoritas siswa memiliki kecenderungan pada gaya belajar visual dengan rincian dari 31 siswa, sebanyak 19 siswa atau 61.29% mempunyai kecenderungan pada gaya belajar visual berkarakteristik suka membaca, 10 siswa atau 32.25% mempunyai kecenderungan pada gaya belajar auditorial berkarakteristik belajar dengan cara mendengarkan dan 2 siswa atau 6.45% menpunyai kecenderunga gaya belajar kinestetik berkarakteristik mempunyai aktitivitas kreaktif : kerajinan tangan dan olahraga.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Dirman., & Juarsih, C.(2014). Karakteristik Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta

Gufron, N. (2010). Gaya Belajar (Kajian Teoritik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, A. W. (2003). Born to be a Genius. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hamzah, B. U. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Siswa yang memiliki gaya belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Izzaty, R. E., dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

Kerlinger, F. N. (2004). Asas-asas Penelitian Behavioral. Penerjemah: Landung R. Simatupang. Yogyakarta :UGM Press.

Lubna, M. A. (2012). Strategi Belajar Khusus untuk Anak dengan IQ di Atas Rata-rata. Yogyakarta: Familia.

Muliani, S. W., Witono, A. H., & Karma, I. N. (2022). IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA KELAS V DI ERA NEW NORMAL SDN 19 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. Renjana Pendidikan Dasar, 2(2), 146-151.

Mulyati. (2015). Identifikasi Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus 3 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Prashign, B. (2007). The Power of Learning Styles: Memicu Anak Melejitkan Prestasi dengan Mengenali Gaya Belajarnya, Penerjemah: Nina Fauziah, Bandung: Kaifa.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif,

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan :pendekatan kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metode Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Ula, S. S. ( 2013). Revolusi Belajar : Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Author Biography

yunihisnil ain, universitas mataram

License

Copyright (c) 2023 yunihisnil ain, Muhammad Makki, Asri Fauzi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).