Analisis Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Pada Muatan SBDP

Authors

winda gusparinda , Nurul Kemala Dewi , Siti Istiningsih

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3895

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Nilai-Nilai Karakter, Buku Tema, Muatan SBDP

Articles

Downloads

How to Cite

gusparinda, winda, Dewi, N. K. ., & Istiningsih, S. (2023). Analisis Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Pada Muatan SBDP . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 125–129. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3895

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsi nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas IV tema 7 indahnya keragaman di negeriku pada muatan SBDP. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif jenis . Objek yang akan diteliti yaitu teks bacaan pada buku siswa kelas IV tema 7 indahnya keragaman di negeriku. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik baca, tehnik catat, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas IV tema 7 indahnya keragaman di negeriku ditemukan pada 5 teks bacaan pada lagu sebayak 12 nilai karakter antara nilai; karakter mandiri, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, tolerasi, jujur, peduli lingkungan, tangung jawab, cinta tanah tanah air, dan cinta damai. Nilai karakter pada teks bacaan lagu paling banyak mengandung nilai karakter cinta tanah air, nilai karakter mandiri, dan nilai karakter jujur.

References

Amalia, S., Rofifah, U., & Zuhri, A. F. (2020). Menampilkan sikap cinta tanah air pada era 4.0. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(1), 68-75.

Anggriana, M., Zulkifli, L., & Handayani, S. (2022). Hubungan Antara Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di SMA Negeri 2 Labuapi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 127-133.

Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(01), 37-53.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2021). Dampak Kepercayaan Diri Mahasiswa Berwirausaha Melalui Lingkungan Keluarga dan Kemandirian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77-84.

Istiningsih, S., Darmiany, D., Astria, F. P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 911-920.

Muslich, M. (2010). Text book writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 52, 47-52.

Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis buku teks muatan tematik integratif, scientific approach, dan authentic assessment sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1).

Nurya, S., & Saputra, H. H. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa Kelas Awal. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 321-330.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Rizanti, W. N., & Jufri, A. W. (2023). Peningkatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Bahan Ajar IPA Berbantuan Media Game. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 114-120.

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 61-70.

Sugiyono, (2021). Metode penelitian R&D Kualitatif Kuantitatif dan(M.Dr.Ir. Sutopo,S.Pd (ed); ke 2 ed).

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36-49.

Yuliatin, Y., Haslan, M. M., Sawaludin, S., & Basariah, B. (2021). Kurikulum PPKn dan Peluang Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding SAINTEK, 3, 471-482.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

winda gusparinda, universitas mataram

License

Copyright (c) 2023 winda gusparinda, Nurul Kemala Dewi, Siti Istiningsih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).