Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Pada Siswa

Authors

Fathul Amira , Moh.Irawan Zain , Prayogi Dwina Angga

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3896

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Kebugaran Jasmani, Permainan Tradisional, Sekolah Dasar Negeri 4 Mataram

Articles

Downloads

How to Cite

Amira, F. ., Zain, M. ., & Angga, P. D. . (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 137–140. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3896

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas IV SDN 4 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023, kelurahan Pagesangan, kecamatan Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Mataram, dengan jumlah siswa 38 siswa yang terdiri 18 siswa putri dan 20 siswa putra. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument berupa Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 10-12 tahun. Teknik analisis dan menggunakan analisis uji-t, melalui uji persyaratan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian dalam pengujian hipotesis menggunakan Uji-t mendapatkan nilai signifikan 0,076 Ë‚ 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir (nilai hasil pre-test dan hasil post-test) ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kebugaran jasmani siswa melalui permainan tradisional siswa kelas IV SDN 4 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023.

References

Admaja, A. T., & Falaahudin, A. (2019). TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA UKM TAEKWONDO PUTRA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. JSH: Journal of Sport and Health, 1(1), 49-55.

Anggita, G. M. (2018). Eksistensi permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 3(2), 55-59.

Damayanti, E., Nurhasanah, N., Nurafia, N., & Kamal, E. E. (2019). Deteksi Dini Pencapaian Perkembangan Anak Usia 2-3 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 10-24.

Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(2), 143-154.

Fernando, F. (2020). Konsep Bimbingan Konseling Anak Usia Dini Serta Alternatif Medianya Melalui Permainan Tradisional. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 27-39.

Jaelani, A. K., Suarta, I. N., & Astini, B. N. (2023). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Bahasa Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 33-40.

Mahadiun, L. (2023). “Pengembangan Model Permainan Tradisional Main Selodor untuk Pembelajaran Penjasorkes Kelas VIII SMPN 8 Pujut Tahun Pelajaran 2019/2020. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(1).

Maryati, S., & Nurlaela, W. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49-61.

Prasetya, S. A., & Komaini, A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Pada Siswa Putra Sekolah Dasar Negeri 166/Iii Cutmutia Kerinci. Jurnal Stamina, 2(10), 65-78.

Prasetyo, D. E., Damrah, D., & Marjohan, M. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 32-41.

Setyaningsih, P., & Yuliandi, R. (2018, November). Studi Perbandingan Tingkat Kebugaran Siswa Sekolah Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Kegiatan Sanggar Tari Di Daerah Banyuwangi. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol. 1, No. 1).

Siregar, R. T., Sahir, S. H., Sisca, S., Candra, V., Wijaya, A., Masrul, M., ... & Purba, S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Sobarna, A., Hamidi, A., & Rizal, R. M. (2021). SOSIOLOGI OLAHRAGA: Teori, Konsep dan Aplikasi Praktis. Desanta Publisher.

Wantona, D., Ifwandi, I., & Amir, N. (2016). Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Petani Kopi di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah Tahun 2015. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 2(4).

License

Copyright (c) 2023 Moh.Irawan Zain, Prayogi Dwina Angga, Fathul Amira

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).