Pengaruh Strategi Everyone Is Teacher Here Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa

Authors

Ragil Gamar Paskahillah , Siti Rohana Hariana Intiana , Husniati

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3899

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Strategi Everyone Is Teacher Here, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar Negeri 43 Ampenan.

Articles

Downloads

How to Cite

Paskahillah, R. G. ., Intiana, S. R. H., & Husniati. (2023). Pengaruh Strategi Everyone Is Teacher Here Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 119–124. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3899

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here terhadap keterampilan berbicara siswa di sekolah. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 43 Ampenan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 43 Ampenan. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegensi kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui secara langsung dengan cepat terhadap keterampilan berbicara siswa. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji t dua pihak dengan menggunakan uji independent sample t-test menggunakan SPSS 16 diperoleh hasil Sig. 2 tailed (0.046) < 0.05 pada taraf signifikasi 5% yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima serta hipotesis nol (H0) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran everyone is teacher here terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 43 ampenan kecamatan sekarbela tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini berarti strategi everyone is teacher here dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan keterampilan berbicara siswa.

References

Arfianty, D., Astawa, I. M. S., & Astini, B. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 80-84.

Aryaningrum, K. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu (geografi) di kelas viii smp negeri 1 belitang iii oku timur. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2).

Cahyani, A., Tahir, M., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Media Boneka Tangan (Hand Puppet) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 87-92.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Karma, I. N., & Hakim, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IVA SDN 32 Cakranegara. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 1-11.

Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas v sdn kubanglaban. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 43-54.

Musaddat, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Bahasa Indonesia SD Mataram.

Oktavia, D., Fahri, M., & Yono, Y. (2022). Analisis Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDS Ar-Rahman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10255-10261

Praheto, B. E., Andayani, A., Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017, June). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Pgsd. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Rahmatiana, F., & Rachmayani, I. (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamidy Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Sanjaya, A. (2016). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).

Siringo-ringo, S., Boiliu, E. R., & Manullang, J. (2021). Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2020-2035.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabet.

License

Copyright (c) 2023 Ragil Gamar Paskahillah, Siti Rohana Hariana Intiana, Husniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).