Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

Ida Royani , Sripatmi , Dwi Novitasari , Nani Kurniati

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3900

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Problem Based Learning (PBL); Etnomatematika; Hasil Belajar.

Articles

Downloads

How to Cite

Royani, I., Sripatmi, Novitasari, D., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 58–65. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3900

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning bernuansa etnomatematika terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Darul Muhajirin Praya tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Darul Muhajirin Praya tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian sebanyak 59 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelompok eksperimen dan 29 siswa kelompok kontrol yang ditentukan dengan probability sampling. Pengumpulan data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan instrumen tes. Uji prasyarat pada penelitian ini adalah uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji harley. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan  dan   sehingga  maka  ditolak dan   diterima, artinya bahwa ada perbedaan penggunaan model problem based learning bernuansa etnomatematika dengan model pembelajaran langsung bernuansa etnomatematika pada hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model problem based learning bernuansa etnomatematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Darul Muhajirin Praya tahun ajaran 2022/2023. Uji effect size menunjukkan besar artinya pengaruh yang diberikan memiliki kategori sedang dengan persentase sebesar 33%.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, 1(2), 165-174. doi:http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Aisyanah, N., & Kurniasari, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 3(1), 33-44. doi:http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2542

Amalia, S. R., Purwaningsih, D., & Fasha, E. F. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2507-2514. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.vl0i4.4255

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34-40.

Arjudin, Hikmah, N., Baidowi, & Wiguna, I. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 550-558. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.105

Baidowi, Hikmah, N., & Amrullah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. MANDALIKA: Mathematics and Education Journal, 1(1), 1-12. doi:10.29303/jm.v1i1.537

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Hubungan antara Kecemasan Matematika dan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 556-568. doi:https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.799

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 40-47. doi:http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6. doi:https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. SOCIUS: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 25-35. doi:http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767

Junaidi, Wulandari, N. P., & Hamdani, D. (2021). Subahnale dan Rang-rang Pembelajaran Matematika SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 660-668. doi:https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.102

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102-109. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Manggalastawa, & Nugraha, Y. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika. Jurnal Analisi Ilmu Pendidikan, 1(2), 16-22.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardianti, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatematika. 8, pp. 20-38. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurfazar, S., Rokhayati, A., & Lidinillah, D. A. (2016). Pengaruh Metode Dramath Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 129-137. doi:https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i1.5100

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidkan Matematika, 3(1), 75-83.

Sripatmi, Sridana, N., Arjudin, Wulandari, N. P., & Lu'luilmaknun, U. (2022). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP dan MTs di Kecamatan Labuapi Lombok Barat Melalui Kegiatan LSLC. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 253-261. doi:https:doi.org/10.29303/rengganis.v2i2.262

Suciati, I. (2021). Metode Permainan Ular Tangga Matematika pada Materi Bilangan Pecahan. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 33-44. doi:https://doi.org/10.31970/gurutua/v4i1.63

Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A. (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran SAVI dan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kuala Tungkal. Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 14-22. doi:https://dx.doi.org/10.33087/phi.v2i1.22

Widana, I. W., & Diartiani, P. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, X(1), 88-98. doi:10.5281/zenedo.4657740

Wijayanti, A. T. (2016). Efektivitas Model CTL dan Model PBL Terhadap Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 112-124. doi:10.21831/hsjpi.v3i2.7908

Author Biography

Ida Royani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Ida Royani, Sripatmi, Dwi Novitasari, Nani Kurniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).