Pengaruh Media “PATAYA” (Replika Peta Budaya) pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

Nadiatul Adawiyah , Khairun Nisa , Muhammad Makki

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3909

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Media PATAYA, Ilmu Pengetahuan Sosial, Motivasi Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Adawiyah, N., Nisa, K., & Makki, M. (2023). Pengaruh Media “PATAYA” (Replika Peta Budaya) pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 41–46. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3909

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial pada umumnya lebih didominasi oleh materi yang membuat siswa cenderung membosankan, terlebih jika materi disampaikan tanpa menggunakan media. Hal tersebut akan berpengaruh pada motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media “PATAYA†(Replika Peta Budaya) Pada Mata Pelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Gugus III Kopang Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Quasi Experimental Design tipe Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kopang, sedangkan sampel yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kwangpati sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lendang Ara sebagai kelas kontrol. Teknik penenetuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya uji hipotesis penelitian dan uji lanjutan dengan uji effect size. Data hasil motivasi belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian.  Hasil analis data didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,010 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media PATAYA terhadap motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar  Negeri di Gugus III Kopang Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Selanjutnya uji lanjutan dengan uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,86 termasuk kategori “besarâ€. Sehingga, berdasarkan hasil penelitian ditemukan bawha terdapat pengaruh penggunaan media PATAYA pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Gugus III Kopang.

References

Anshori, S. (2016). Kontribusi ilmu pengetahuan sosial dalam pendidikan karakter. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152-159.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Lubis, M. S. (2018). Metodologi penelitian. Deepublish.

Mashami, R. A., & Gunawan, G. (2018). In Influence of Sub-Microscopis Media Animation on Students’ Critical Tinkng Skills Based on Gender. Journal of Physics: Conference Series. 1108(1) 012106.

Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29-41.

Nuraini, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Materi Turunan Fungsi Aljabar dengan Metode Tutor Sebaya. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 9-14.

Nurramadhoan, R. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 40-47.

Pimpale, G. P., & Vadnere, R. V. (2009). Design, Development and Effectiveness of a Digital Interactive Multimedia Package in Astrophysics for Undergraduate Students.Tersedia: (http://itdl.org/Journal/Aug_09/article01.html)

Ramadhani, S., Nursalam, N., & Madani, M. (2022). Penanaman Sikap Sosial melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Sekolah Dasar Negeri. Gema Wiralodra, 13(1), 181-197.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Setyaningsih, R., & Atmaja, H. E. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi universitas tidar di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 191-203.

Suryanto, S. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Pelajaran Ips Melalui Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Autentik. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(2), 135-146.

Tulhariya, S., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Teknik The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Yuniar, M., Rakhmat, C. R., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal objektif tes dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (Ips) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187-195.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Nadiatul Adawiyah, Universitasmataram

License

Copyright (c) 2023 Nadiatul Adawiyah, Khairun Nisa, Muhammad Makki

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).