Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa

Authors

Susi Susanti , Asrin , Muhammad Syazali

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3915

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Kompetensi pedagogik guru, lingkungan keluarga, membaca intensif.

Articles

Downloads

How to Cite

Susanti, S. ., Asrin, & Syazali, M. . (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue). https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3915

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV di Gugus IV Kecamatan Gunungsari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru wali kelas IV dan 81 orang peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data berupa tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 5.6% dan nilai signifikansi sebesar 0.886. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 3.6%, nilai signifikansi sebesar 0.747 untuk hasil linier dan sebesar 0.944 untuk hasil kuadratik. Terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca intensif sebesar 4.8%, nilai signifikansi sebesar 0.673 untuk hasil linier dan sebesar 0.372 untuk hasil kuadratik. Kompetensi pedagogik guru dan lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca intensif peserta didik kelas IV di Gugus IV Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat.

References

Afriyani, E., Suklani, & Ridwan, W. A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Kota Cirebon (Studi pada Pembelajaran Aqidah Akhlak). Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 80–93.

doi: https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2029

Ainurrohmah, F., & Handayani, R. (2020). The Influence of Motivation, Learning Discipline, Teacher Competence, and Parental Support on Academic Achievement of Students (Study on Gama English Course Sukoharjo). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4), 1320–1332.

doi: https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i4.1626

Anas, N., & Sapri, S. (2022). Komunikasi Antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1.

doi: https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.997

Asrin, Witono, A. H., Zain, M. I., Jaelani, A. K., & Widodo, A. (2021). Development of a Partnership Model between Principal, Teacher, and Parents to Improve Education Quality for Elementary Schools in Mataram. Proceedings of the 5th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2021), 176–182.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674

Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh strategi know want to learn (KWL) dan minat membaca terhadap kemampuan membaca intensif siswa SMP Negeri di Temanggung. Basastra, 1(1), 142-152.

Ismawati, R., Asrin, & Saputra, H. H. (2022). Partisipasi Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SDN 1 Teros Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 491–500.

doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.512

Johansson, S., Myrberg, E., & Rosén, M. (2015). Formal teacher competence and its effect on pupil reading achievement. Scandinavian Journal of Educational Research, 59(5), 564–582.

doi: https://doi.org/10.1080/00313831.2014.965787

Nasution, R., & Setiawan, D. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru PPKn terhadap Minat Belajar Siswa. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(3), 59–64.

doi: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i3.7221

Nurafifah, F., Asrin, A., & Tahir, M. (2022). Analisis kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik kelas I SDN Gugus V Ampenan tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 628–633.

doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.628

Permatasari, D. R., & Zulkifli, L. (2022). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Karakter Peduli Lingkungan Dengan Hasil Belajar Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 134-140.

Putra, E. A. (2015). Anak berkesulitan belajar di sekolah dasar se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4(3), 71–76.

doi: https://doi.org/10.24036/jupe60650.64

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis capaian siswa Indonesia pada PISA dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Putri, A., & Rosyidah, A. N. K. (2023). Analisis Faktor Penghambat Gerakan Literasi Baca Tulis Siswa di Desa Wisata MI Nurul Islam Kuta. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 178-187.

Putri, N. K. A., & Indriyanti, A. D. (2021). Penerapan PIECES framework sebagai evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan sistem informasi akademik terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 2(2), 78–84. Retrieved from https://siakadu.unesa.ac.id

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Ratama, I. P., Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2021). Teaching the 21st century skills (4Cs) in english literacy activities. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2), 223.

doi: https://doi.org/10.23887/jere.v5i2.30849

Riadi, N., Musaddat, S., & Affandi, L. H. (2022). Analisis Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 Mata Pelajaran Matematika. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 47-56.

Santosa, A. I. (2018). Pengaruh pola asuh orang tua dan sikap bahasa terhadap kemampuan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 91–103.

doi: https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Swara, S. K. B., Adi, B. W., & Sabandi, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 3(2), 1–17.

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

License

Copyright (c) 2023 Susi Susanti, Asrin, Muhammad Syazali

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).