Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV Gugus V Kec. Praya Tengah

Authors

Nilawati , Lalu Hamdian Affandi , Husniati

DOI:

10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3928

Published:

2023-06-24

Issue:

Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Keywords:

Hubungan, gaya belajar, hasil belajar, kelas IV.

Articles

Downloads

How to Cite

Nilawati, Affandi, L. H. ., & Husniati. (2023). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV Gugus V Kec. Praya Tengah. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 16–23. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3928

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Gaya belajar merupakan kunci untuk untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan di sekolah maupun di dalam situasi antarpribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada kelas IV Gugus V Kec. Praya Tengah.  Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yang didapatkan melalui kuisioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa gaya belajar siswa dan hasil belajar memiliki hubungan yang sangat penting, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian pearson correlation yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa variabel gaya belajar siswa dengan hasil belajar memperoleh nilai rhitung > rtabel atau pearson correlation sebesar 0,304 > 0,154 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hubungan yang didapatkan yakni hubungan positif yang artinya semakin tinggi gaya belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa, dan sebaliknya semakin rendah gaya belajar siswa maka semakin rendah pula hasil belajar siswa.

References

Arikunto, 2013: 281: Arifin, Zainal. 2015. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik dan Prosedur). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

DePorter, Bobbi & Hernacki. 1999. Quantum Learning. Bandung: Kaifa

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriani, CH. 2017. Gaya belajar siswa kelas III B SDN tukangan Yogyakarta. Dalam jurnal Pendidikan guru sekolah dasar. 1(6). Tersedia di: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/download/6603/6369

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawati. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gordon, Jeannette 1999:340: Gordon, Jeannette. 1999. Revolusi Cara Belajar. Penerjemah: Ahmad Baiquni. Bandung: Kaifa

Gronlund, N. E (1976)

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang: Program Pascasarjana Unnes

Suparman. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

UU No. 20 tahun 2003: Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

License

Copyright (c) 2023 Nilawati, Lalu Hamdian Affandi, Husniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).